VISUALISASI SISTEM ASYMMETRIC DIGITAL SUBSCRIBER LINE (ADSL) DENGAN MENGGUNAKAN MODULASI QUADRATURE PHASE SHIFT KEYING (QPSK)

Ahmat Sobri, Irwan Dinata, Rudy Kurniawan

Sari


Sistem Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) merupakan teknologi akses yang memungkinkan terjadinya komunikasi data, suara dan video secara bersamaan pada media akses tembaga. Komunikasi data tidak dapat dihindarkan dari adanya derau, tidak terkecuali sistem ADSL yang mengalami kesalahan dalam hal pengiriman yang disebabkan adanya derau sehingga membuat nilai bit error rate (BER) meningkat. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mengurangi derau sehingga dapat memperkecil nilai BER. Untuk mengurangi derau dan mendapatkan nilai BER maka diperlukan metode modulasi Quadrature phase shift keying (QPSK) pada sistem ADSL. Visualisasi sistem dibutuhkan untuk mengetahui kinerja dari sistem ADSL dan mengetahui BER yang di timbulkan. Dari hasil visualisasi dengan memberikan masukan data 64 bit, menampilkan konstelasi yang mengalami penyebaran data tetapi tidak
merusak bentuk dari konstelasi. Ketika konstelasi masuk ke kanal Additif White Gaussian Noise (AWGN) dengan simpangan antara 0 dB – 20 dB dan interval 2 dB, dihasilkan nilai BER 0.3906 pada saat Signal to Noise Ratio (SNR) bernilai 0 dB sampai akhirnya BER bernilai nol pada saat SNR berkisar antara 9 dB - 20 dB.

 

Kata Kunci : ADSL, AWGN, BER, QPSK, SNR


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.