ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PEDESTRIAN DAN PERPARKIRAN KAWASAN PASAR PEMBANGUNAN KOTA PANGKALPINANG

  • Meyta Kumala Sari Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung
  • Ormuz Firdaus Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung

Abstract

Perkembangan aktivitas perdagangan yang terus berkembang menjadikannya sebagai faktor pembangkit terjadinya tarikan perjalanan yang sangat produktif mengakibatkan adanya pergerakan manusia yang tinggi, dan membawa konsekuensi terjadinya konsentrasi kendaraan dan pejalan kaki. Pengumpulan data sekunder berupa kondisi eksisting lokasi penelitian, untuk data primer yang didapat dari lapangan diolah dengan bantuan program excel 2007, dan dianalisis dengan metode  Highway  Capacity  Manual  (HCM)  2000  untuk  mendapatkan  tingkat  pelayanan pejalan kaki. Hasil survei perparkiran diolah manual kemudian dibantuan dengan program excel 2007 untuk mendapatkan kapasitas parkir. Analisis karakteristik pejalan kaki meliputi kecepatan  pejalan  kaki,  arus  pejalan  kaki  dan  kebutuhan  ruang  bagi  pejalan  kaki. Untuk perparkiran analisisnya meliputi akumulasi parkir, volume parkir, indeks parkir dan kapasitas   parkir.  Hasil  penelitian menunjukkan jumlah  kendaraan yang parkir  di  lokasi penelitian pada titik A1 sebesar 366 kendaraan, titik A3 sebesar 386 kendaraan. Jumlah pejalan kaki yang masuk ke dalam daerah studi pada titik A1 sebesar 180 orang, titik A2 336 orang, titik A3 167 orang, titik A4 195 orang. Hasil evaluasi tingkat pelayanan pejalan kaki untuk hari minggu dititik A1 berada pada tingkat pelayanan kategori A, A2 pada kategori B, A3 pada kategori A, A4 pada kategori A dan tingkat pelayanan pejalan kaki untuk hari senin dititik A1, A2, A3, A4 pada tingkat pelayanan kategori A. Hasil evaluasi kapasitas parkir pada hari minggu dititik A1 sebesar 81 kendaraan, titik A3 sebesar 66 kendaraan, dan kapasitas parkir pada hari senin dititik A1 sebesar 73 kendaraan, titik A3 sebesar 49 kendaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fruin, J.J. (1971), Pedestrian Planning And Design, Metropolitan Association of Urban Designer and Environmental Planners, New York, USA.

Hermansyah, R. 2011, Penataan Kawasan Beringin Janggut dan 16 Ilir Berbasis Pedestrian dan Parkir, laporan tesis, Universitas Sriwijaya, Palembang.

Ikbal, M. 2011, Studi Karakteristik Pejalan Kaki dan Pemilihan Jenis Fasilitas Penyebrangan Pejalan Kaki di Kota Palu, laporan tugas akhir, Universitas Taduloku, Palu.

Kusumah, C.N., 2009, Kajian Investasi Gedung Parkir Metro Indah Mall Bandung, Foru Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, Bandung.

Mashuri, Patunrangi, J. 2012, Evaluasi Tingkat Pelayanan Beberapa Ruas Jalan di Sekitar Jalan Sis Aljufri Kota Palu, laporan penelitian, Universitas Tadulako, Palu.

Putro, S. 1997, Pemodelan Tingkat Pelayanan Jalan (Level Of Services) Berbasis Sitse Informasi Geografis untuk Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas Kota Semarang, laporan tugas akhir, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Ramli, M. 2011, Studi Karakteristik Parkir Pusat Perbelanjaan Makassar Trade Centre, laporan tugas akhir, Universitas Hassanudin, Makkasar.
Transportation Research Board. Highway Capacity Manual 2000. National Research Council, Washington. D.C., 2000.
Published
2015-06-10
Abstract viewed = 12 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 11 times