ANALISIS POLA PERGERAKAN BERDASARKAN ESTIMASI MATRIKS ASAL TUJUAN MENGGUNAKAN DATA TELEPON SELULER (STUDI KASUS PROVINSI BALI)

  • Revy Safitri Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung

Abstract

Pola pergerakan merupakan  suatu hal yang penting untuk dipahami dalam penanganan masalah transportasi. Dimana, pola pergerakan sendiri dapat digambarkan menggunakan Matriks Asal Tujuan. Matriks Asal Tujuan  adalah matriks berdimensi dua yang berisi informasi mengenai besarnya pergerakan antarlokasi (zona) di dalam daerah tertentu. Berdasarkan penelitian – penelitian sebelumnya, diketahui bahwa pemanfaatan data telepon seluler memiliki potensi yang besar dalam mengestimasi MAT secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pola pergerakan di suatu wilayah dengan mengestimasi MAT menggunakan data telepon seluler yang berisi informasi lokasi Base Transceiver Station (BTS) yang terhubung dengan perangkat telepon seluler (mobile station) dari waktu ke waktu selama kondisi aktif, dengan wilayah studi di Provinsi Bali. Pendekatan yang digunakan dalam mendefinisikan pergerakan asal tujuan berdasarkan data telepon seluler adalah dengan membangun trajectory individu berdasarkan data lokasi BTS yang diurutkan berdasarkan waktu (temporal sequence) untuk masing – masing pengguna telepon seluler. Kemudian, hasil estimasi MAT berdasarkan data telepon seluler akan menunjukkan pola pergerakan harian pengguna telepon seluler di wilayah Provinsi Bali. Berdasarkan hasil analisis pola pergerakan di Provinsi Bali, dapat diketahui bahwa puncak pergerakan terjadi di akhir pekan (weekend) yang didominasi pergerakan di wilayah  Denpasar dan wilayah sekitarnya yang meliputi, Kuta, Kuta Selatan, Kuta Utara, Mengwi, dan Sukawati. Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan hasil yang lebih baik untuk penelitian sejenis dimasa mendatang, diberikan beberapa rekomendasi yang dapat dipertimbangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogorny, Vania & Shashi Shekhar. 2008. Introduction to Moving Data and Moving Object Databases. Power Point. Tutorial on Spatial and Spatio – Temporal Data Mining (SBBD – 2008)

Calabrese, F. 2011. Urban Sensing Using Mobile Phone Data. UbiComp 2011 Tutorials, 13th ACM International Conference on Ubiquitous Computing. Beijing, China.

Papacharalampous, Alexandros. E., 2014. Aggregated GSM Data in Origin Destination Studies. Transport and Planning Departement, Civil Engineering and Geosciences Faculty of Technical University of Deflt..Deflt.

Peta Statistik Indonesia 2014. Badan Pusat Statistik.

Rajna, Botond. 2014. Mobility Analysis with Mobile Phone Data. Departement of Science and Technology, Linköping University. Sweden.

Tamin, Ofyar Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Zhang, Yi, Xiao Qin, Shen Dong, Bin Ran. 2010. Daily O – D Matrix Estimation using Cellular Probe Data. Paper. Transportation Research Board Annual Meeting. Washington. D.C, USA.

http://bps.go.id/

http://bali.bps.go.id/

http://www.mobileindonesia.net
Published
2015-12-10
How to Cite
Safitri, R. (2015). ANALISIS POLA PERGERAKAN BERDASARKAN ESTIMASI MATRIKS ASAL TUJUAN MENGGUNAKAN DATA TELEPON SELULER (STUDI KASUS PROVINSI BALI). FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 3(2), 107-115. https://doi.org/10.33019/fropil.v3i2.1218
Abstract viewed = 591 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 531 times