STUDI OPTIMASI POLA TANAM JARINGAN IRIGASI DESA RIAS DENGAN PROGRAM LINEAR

  • Djamal Abdul Nassir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung
  • Roby Hambali Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung

Abstract

Embung Metukul merupakan salah satu embung yang terletak di Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Air dari Embung Metukul dimanfaatkan untuk keperluan irigasi pada sawah yang terletak di Desa Rias. Pada Embung Metukul terdapat bendung yang mengalirkan air dengan sistem gravitasi untuk mengairi areal pertanian seluas ± 1383 Ha. Untuk itu perlu dilakukan analisis ketesediaan dan kebutuhan air irigasi pada Bendung Metukul agar air yang digunakan dapat dimanfaatkan secara optimum.

Dengan keterbatasan air yang tersedia, dilakukan studi optimasi pola tanam agar dapat memaksimalkan keuntungan hasil usaha tani berdasarkan luas tanaman yang optimal. Untuk analisa ini digunakan program linear dengan program bantu Lindo 6.1. Volume andalan yang tersedia dan kebutuhan air tiap alternatif pola tanam yang direncanakan dijadikan batasan dan kendala yang digunakan sebagai input untuk pengoperasian program linearnya. Hasil dari perhitungan ini digunakan untuk mengetahui luas sawah yang bisa ditanami sesuai dengan jenis tanaman dan musim tanamnya serta keuntungan hasil tani optimum yang akan diperoleh pada daerah irigasi Rias.

Dari beberapa alternatif yang direncanakan, diperoleh pola tanam yang menghasilkan keuntungan yang maksimum yaitu pola tanam padi-cabai-cabai dengan awal masa tanam di bulan Nopember. Keuntungan yang diperoleh selama 1 tahun masa tanam adalah sebesar Rp Rp 646.172.803.646 (enam ratus empat puluh enam miliyar seratus tujuh puluh dua juta delapan ratus tiga ribu empat ratus lima puluh rupiah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 1977, Irigasi dan Bangunan Air, Gunadarma, Jakarta.

Anonim, 1986, Standar Perencanaan Irigasi KP-01, Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Pengairan, Jakarta.

Maini, M., 2013, Pengaruh Masa Tanam Terhadap Imbangan Air Daerah Irigasi Rias, Tugas Akhir, Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung.

Supranto, J., 1983, Linear Programing, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Suhardono, Agus, 2010, Optimasi Penggunaan Lahan Pertanian Dengan Program Linear ( Lokasi Studi : J.I. Sumber Buntu,Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang. http://jurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/download/120/120, 11 Maret 2015.

Thalita, Juan, 2010, Studi Optimasi Pola Tanam Pada Daerah IrigasiI Jatiroto Dengan Menggunakan Program Linear, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-10204-Paper.pdf, 30 Maret 2015.

Triadmodjo, Bambang, 2009, Hidrologi Terapan, Beta Offset Yogyakarta, Yogyakarta.
Published
2016-06-15
How to Cite
Nassir, D., & Hambali, R. (2016). STUDI OPTIMASI POLA TANAM JARINGAN IRIGASI DESA RIAS DENGAN PROGRAM LINEAR. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 4(1), 1-14. https://doi.org/10.33019/fropil.v4i1.1230
Abstract viewed = 509 times
pdf downloaded = 311 times