ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN AHMAD YANI DALAM KOTA PANGKALPINANG

  • Dede Maulana Effendi
  • Ormuz Firdaus

Abstract

Kota Pangkalpinang memiliki kawasan pusat bisnis (central business district), yang terdapat pada jalan Ahmad Yani Dalam. Aktifitas perdagangan menyebabkan gangguan fungsi jalan. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, berupa data primer yang terdiri dari data laik fungsi jalan, data inspeksi keselamatan jalan, data geometrik jalan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait berupa data kecelakaan, data volume lalulintas, dan data jumlah penduduk. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan standar laik fungsi jalan PP No.34/2006. Hasil inspeksi keselamatan jalan sepanjang 500 meter menyatakan perlu dilakukan monitoring terhadap titik yang berpotensi menyebabkan kecelakaan, dengan nilai resiko (R) sebesar 50,52. Segmen jalan 0-100 meter adalah nilai resiko terbesar 53,20, yaitu penyimpangan pada parkir sebesar 52,63%. Dengan adanya penanganan berupa penegasan ulang marka jalan, perbaikan lampu penerangan jalan, memasang rambu-rambu, hal ini bisa memperbaiki perparkiran yang bermasalah, dan perbaikan perkerasan. Jika dilakukan penanganan tersebut nilai resiko Jalan Ahmad Yani Dalam Kota Pangkalpinang sangat memungkinkan menurun dan potensi kecelakaan pun sangat kecil.

Keywords: keselamatan jalan, laik fungsi jalan , nilai resiko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Mulyono (2009), Audit Keselamatan Infrastruktur Jalan (Studi Kasus Jalan Nasional KM 78-KM 79 Jalur Pantura Jawa, Kabupaten Batang. Universitas Gadjah Mada.

Asadi, Isa (2010), Pengaruh Perilaku Pengendara Sepeda Motor Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Di Kecamatan Sungailiat.

Universitas Bangka Belitung. Badan Perencanaan Daerah, Peta Kawasan pasar dan sekitarnya 2013 Kota Pangkalpinang.

Damar Sayekti (2009), Inspeksi Keselamatan Jalan Studi Kasus Jalan Parangtritis Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta:Direktorat Jendral Bina Marga.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang, Jumlah Penduduk 2013 Kota Pangkalpinang . Direktorat Jendral Bina Marga, Standar Laik Fungsi Jalan PP No.34/2006.

Syarkowi (2013), Paparan Pelaksanaan Uji Laik Fungsi Jalan 2013 Ruas Jalan Nasional Prov. Bangka Belitung.

Tapa Yasa, I.M dan Sutapa, I.K (2006), Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan Cokroaminoto Denpasar (Studi Kasus Di Depan Sekolah Taman Mahatma Gandhi). Politeknik Negeri Bali.

Yessy Fauziah, Eddy Priyanto (2010), Karakteristik Kecelakaan dan Keselamatan Jalan Pada Ruas Ahmad Yani Surabaya. Universitas Brawijaya Malang.
Published
2016-12-12
How to Cite
Effendi, D., & Firdaus, O. (2016). ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN AHMAD YANI DALAM KOTA PANGKALPINANG. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 4(2), 87-100. https://doi.org/10.33019/fropil.v4i2.1237
Abstract viewed = 1633 times
pdf downloaded = 1676 times

Most read articles by the same author(s)