EVALUASI TARIF ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) DI KOTA PANGKALPINANG

  • Revy Safitri

Abstract

Kota Pangkalpinang sudah memiliki angkutan umum berupa angkot yang melayani kepentingan mobilitas masyarakat dalam melakukan aktivitas. Namun, minat masyarakat Kota Pangkalpinang dalam menggunakan angkutan umum masih sangat rendah dan jumlah pengguna kendaraan pribadi terus meningkat. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum adalah tarif dari angkutan umum itu sendiri. Sehingga, perlu dilakukan evaluasi tarif angkutan umum untuk mengetahui kesesuaian tarif yang berlaku terhadap kemampuan dan kemauan membayar masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi di Kota Pangkalpinang. Dalam penelitian ini, evaluasi tarif dilakukan berdasarkan Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP). Dimana, pendekatan dalam analisis ATP berdasarkan besarnya alokasi biaya transportasi terhadap pendapatan dan frekuensi perjalanan dalam 1 bulan, sedangkan pendekatan analisis WTP berdasarkan kemauan membayar masyarakat terhadap kondisi pelayanan angkutan umum saat ini. Berdasarkan hasil evaluasi, tarif bukan masalah utama yang menyebabkan rendahnya minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum. Agar dapat meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum dapat dilakukan dengan penyesuaian tingkat pelayanan. Dimana, Pemerintah Kota Pangkalpinang perlu memperbaiki pelayanan angkutan umum yang selama ini masih mengandalkan angkot dengan menyediakan angkutan umum berbasis bus (Bus Rapid Transit) seperti di beberapa kota di Indonesia.

Keywords: Angkutan Umum, Tarif, Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Keputusan Walikota Pangkalpinang Nomor 279 Tahun 2013 tentang Tarif Resmi Angkutan Kota dalam Kota Pangkalpinang.

Kota Pangkalpinang Dalam Angka, 2016. BPS Kota Pangkalpinang.

Tamin, Ofyar Z, dkk, 1999. Evaluasi Tarif Angkutan Umum dan Analisis ‘Abilitiy To Pay’ (ATP) dan ‘Willingness To Pay’ (WTP) di DKI Jakarta. Jurnal Transportasi Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT) Vol 1 No.2, Tahun I, Desember 1999, ISSN: 1411-2422.

Taylor, Brian D dan Fink, Camile N.Y, 2003. The Factor Influencing Transit Ridership: A Review and Analysis of the Ridership Literature. University of California Transportation Center.

Vuchic, Vukan R, 2005. Urban Transit: Operations, Planning, and Economics. Penerbit: John Wiley & Sons, Inc. United States of America.

Warpani, Suwardjoko P,2002, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penerbit: ITB. Bandung.
Published
2016-12-12
Abstract viewed = 79 times
pdf downloaded = 45 times

Most read articles by the same author(s)