ANALISIS KEANDALAN PADA STRUKTUR RANGKA BATANG MENGGUNAKAN SECOND ORDER RELIABILITY METHOD (SORM)

  • Adriyansyah Adriyansyah Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Merawang, Kab. Bangka

Abstract

Untuk menghadapi dunia struktur konstruksi yang semaik modern dan permasalahan desain yang semakin kompleks, seorang ahli struktur dituntut untuk lebih rasional dalam menyelesaikan permasalahan. Ketidakpastian dalam geometri, sifat material, maupun pembebanan harus ditangani lebih rasional. Sehingga konsep desain yang semula menggunakan konsep deterministik sekarang beralih menggunakan konsep probabilistik. Salah satu metode probabilistik yang dapat digunakan yaitu Second Order Reliability Methods (SORM). 

Second Order Reliability Methods (SORM) merupakan metode untuk menganalisis keandalan dengan menggunakan indeks keamanan β dalam menentukan peluang kegagalan dari desain suatu struktur konstruksi banguanan. SORM menggunakan deret Taylor orde 2 dalam menyelesaikan fungsi kondisi batas.

Berdasarkan hasil analisis, profil baja yang memenuhi kriteria desain yaitu 2˪15x15x3 memiliki keandalan yang tinggi dan memiliki risiko kegagalan yang kecil dimana hasil analisis menunjukkan bahwa pf  < 0.1.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

AISC, 2010, Specification for Structural Steel Buildings (ANSI/AISC 360-10), American Institute Of Steel Construction, Chicago, Illinois, 22 June 2010.
Gunawan, R., 1988, Tabel Profil Konstruksi Baja, Penerbit Kanisius.
Ranganathan, R., 1999, Structural Reliability Analysis and Design, Jaico Publishing House.
Published
2018-12-20
How to Cite
Adriyansyah, A. (2018). ANALISIS KEANDALAN PADA STRUKTUR RANGKA BATANG MENGGUNAKAN SECOND ORDER RELIABILITY METHOD (SORM). FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 6(2), 62-67. https://doi.org/10.33019/fropil.v6i2.1290
Abstract viewed = 795 times
pdf downloaded = 854 times