EVALUASI KINERJA BUNDARAN BATU SATAM BELITUNG

  • Rian K E Siahaan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung
  • Fadillah Sabri Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung
  • Ormuz Firdaus Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung

Abstract

Bundaran Batu Satam Belitung terletak di CBD (Central Business District) pada Kota Tanjungpandan yang menjadi pusat bangkitan dan tarikan kegiatan. Kondisi arus lalu lintas Bundaran Batu Satam Belitung dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk, pertumbuhan jumlah kendaraan, dan pariwisata. Akibat faktor-faktor tersebut akan terjadi peningkatan volume lalu lintas khususnya yang melewati Bundaran Batu Satam Belitung yang berpengaruh terhadap efektifitas kinerja bundaran. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kinerja Bundaran Batu Satam Belitung pada kondisi eksisting dan proyeksi lima tahun kedepan.

Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi dan pencatatan secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil instansui terkait. Sebagai dasar analisa data digunakan rumusan yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.

Kinerja Bundaran Batu Satam Belitung kondisi eksisting masih dapat dikatakan ideal meskipun satu dari empat lengan pada bundaran ada yang tidak ideal. Hasil perhitungan derajat kejenuhan pada jalinan AB sebesar 0,869 dan tundaan sebesar 7,12 detik. Kinerja Bundaran Batu Satam Belitung proyeksi lima tahun kedepan masih dapat dikatakan ideal meskipun pada jalinan AB mencapai DS>1 dan jalinan DA mencapai DS>0,75 dari empat lengan lengan tidak ideal dan kinerja bundaran meningkat dari kondisi eksisting. Hasil perhitungan derajat kejenuhan pada jalinan AB sebesar 1,062 dan derajat kejenuhan jalinan DA sebesar 0,937.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, Muhammad Adil, 2014, Evaluasi Kapasitas pada Bundaran Bersinyal Pondok Indah, Jakarta Barat: Binus University.
Badan Pusat Statistik, 2016, Kabupaten Belitung dalam Angka, Belitung.

Dendo, Octavianus E.T. dkk., 2014, Kajian Tingkat Pelayanan Jalan Bundaran PU Kota Kupang, Kupang: Jurnal Teknik Sipil FST Undana Kupang.

Direktoran Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Risantika, Sofan dkk., 2015, Evaluasi Bundaran di Simpul Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Bontang, Samarinda: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Said dkk., 2015, Kinerja Bundaran Bersinyal Digulis Kota Pontianak, Pontianak: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

Saleh, Pandu Abraham dkk., 2015, Analisis dan Alternatif Solusi Lalu Lintas di Bundaran Jalan Teuku Umar Denpasar, Semarang: Jurnal Karya Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Sulistya, Priscillia Wanodya dkk., 2014, Evaluasi Kinerja Simpang Bundaran Soedarto dan Usulan Alternatif Pemecahannya, Semarang: Jurnal Karya Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Published
2017-06-14
Abstract viewed = 16 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 16 times