PENGARUH MATERIAL BEARING TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MOBIL HEMAT ENERGI TARSIUS GV-1

  • Eka Sari Wijianti Universitas Bangka Belitung
  • saparin Saparin Universitas Bangka Belitung

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada fungsi bearing dan poros roda pada kendaraan bermotor. Bearing adalah salah satu komponen kendaraan yang tidak boleh luput dari perhatian. Jika diabaikan, besi bulat kecil ini tidak befungsi maksimal, putaran roda menjadi berat karena gaya gesek yang terhambat. Komponen ini juga didesain minim friksi, sehingga ketika roda berputar bisa terjaga stabil. Ujungnya adalah level keborosan suatu kendaraan bisa lebih irit atau sebaliknya boros. Penelitian diaplikasikan pada mobil hemat energi Tarsius GV-1 milik mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung. Bearing yang digunakan adalah bearing seri 6000 dengan bahan keramik dan baja. Dimensi bearing adalah inner (ID) 10mm, outer (OD) 26mm dan lebar (B) 8mm. Diameter poros adalah 10mm (clearence precision running fit), 9,95mm (clearenc easy running fit) dan 9,90mm (clearance loose running fit). Pengujian jarak tempuh mobil dilakukan di Pantai Koala lintas timur Kabupaten Bangka. Panjang lintasan pengujian adalah sepanjang 2,2 km. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk bearing keramik memberikan daya gelinding yang lebih panjang sehingga jarak tempuh semakin jauh. Hal ini bisa dilihat dari jumlah bahan bakar yang dihabiskan dalam satu kali pengujian. Hasil terbaik diperoleh pada bearing diameter 9mm bahan keramik dengan toleransi sangat longgar dimana bahan bakar yang diperlukan untuk melintasi jarak tempuh 2,2 km adalah 14,33 ml sehingga konsumsi bahan bakar mencapai 154,19 km/liter.

Keywords: Mobil hemat energi, bearing, konsumsi bahan bakar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, Rahmawati (2015), Perancangan Poros Roda Depan Untuk Mobil Harapan Dan Analisa Simulasi Pembebanan Statik Menggunakan Perangkat Lunak Ansys 14.0, Jurnal Biltek Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan, Vol. 5, No.005 Tahun 2015.

Arif Rahman Saleh (2014), Analisa Kerusakan Bantalan Bola (Ball Bearing) Jenis Deep Groove Pada Lori Pabrik Kelapa Sawit Dan Cara Penanggulangannya, JURNAL APTEK Jurusan Teknik Mesin Universitas Pasir Pengaraian, Vol. 6 No. 1 Januari 2014.

James R. Thrower (1986), Technical Statics and Strength of Materials, Second Edition, Delmar Publisher INC, New York United States of America.

Junkang Guo et all (2013), A tolerance analysis method for rotating machinery, 12th CIRP Conference on Computer Aided Tolerancing, Procedia CIRP 10 ( 2013 ) 77 – 83.

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung (2017), Laporan Kompetisi Mobil Hemat Energi 2017.

Joni Dewanto, dkk (2003), Permodelan Sistem Gaya dan Traksi Roda, Jurnal Teknik Mesin Universitas Kristen Petra, Vol.5 No.2, Oktober 2003:64-69.

Ohan Juhana dan M. Suratman, (2012), Menggambar Teknik Mesin dengan Standard ISO, Bandung: Pustaka Grafika.

YU Yongjian et all (2017), Research on Rotational Accuracy of Cylindrical Roller Bearings, 10th CIRP Conference on Intelligent Computation in Manufacturing Engineering - CIRP ICME '16, Procedia CIRP 62 ( 2017 ) 380 – 385.

Published
2018-10-01
Abstract viewed = 289 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 413 times

Most read articles by the same author(s)