EVALUASI KEBUTUHAN LAHAN PARKIR RUMAH SAKIT MEDIKA STANIA DI KOTA SUNGAILIAT

  • Rapdi Rahasiwi
  • Ormuz Firdaus
  • desy Yofianti

Abstract

Meningkatnya jumlah pengunjung Rumah Sakit Medika  Stania di Kota Sungailiat memerlukan juga penambahan ruang parkir. Kondisi area parkir pada saat ini kurang terencana dan tertata dengan baik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan mengevaluasi  kebutuhan ruang parkir di rumah sakit tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survey langsung di lapangan dengan pendekatan Kordon. Data primer yang dibutuhkan antara lain: jumlah kendaraan parkir dan luas area parkir, sedangkan data sekunder yaitu data jumlah kamar dan denah rumah sakit. Survei dilakukan selama dua hari, yaitu hari Minggu dan Senin. Ada enam jenis karakteristik parkir yang dianalisis, yaitu: akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, tingkat pergantian parkir (TR), indeks parkir (IP) dan kapasitas parkir. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai akumulasi parkir terbesar untuk kendaraan roda dua dan empat pada hari Minggu sebesar 97 kend dan 34 kend, sedangkan pada hari Senin sebesar 255 kend dan 94 kend.  Nilai volume parkir kendaraan roda 2 pada hari Minggu dan Senin sebesar 926 kend dan 1575 kend, sedangkan volume parkir kendaraan roda 4-nya sebesar 241 kend dan 440 kend. Nilai durasi parkir pada hari Minggu untuk kendaraan roda dua dan empat adalah sama sebesar 99 menit, sedangkan pada hari Senin sebesar 102 menit dan 130 menit. Nilai TR untuk kendaraan roda 2 pada hari Minggu sebesar 0,44 kend/jam dan hari Senin sebesar 0,75 kend/jam, sedangkan untuk kendaraan roda 4 pada hari Minggu sebesar 0,30 kend/jam dan hari Senin sebesar 0,55 kend/jam. Semua nilai IP yang diperoleh untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 adalah >1. Kapasitas ruang parkir untuk kendaraan roda empat dan dua sebesar 53 petak dan 139 petak. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa kapasitas parkir yang tersedia sudah tidak mampu  lagi menampung kendaraan yang parkir baik untuk roda dua maupun empat. Oleh karena itu, diperlukan penambahan jumlah ruang parkir untuk mengakomodir jumlah kendaraan yang parkir tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, S., 2000, Manajemen Transportasi, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Jakarta

Abubakar, I., 1998, Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib, Bukit Mayana, Jakarta

Ardianti, D., 2005, Analisis kebutuhan fasilitas ruang parkir di Rumah Sakit Umum Daerah Sungailiat, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung, Bangka.

Chaira, J, D., Koppelman., L., 1975, Manual of housing planning and design criteria, Prentice Hall, New York.

Christine, E. H., 2014, Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Pada Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung, Bangka.

Contesa, E., 2013, Analisis Kapasitas Ruang Parkir Pasar Sepinggan Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.

Departemen Perhubungan, 1996, Pedoman Teknis perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Dewantara, D., 2016, Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Bes Square Pangkalpinang, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung, Bangka

Fariandry, W. H., 2018, Evaluasi Lahan Parkir Rumah Sakit Muhaya Pangkalpinang, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung, Bangka.

Hobbs, F.D., 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Cetakan Kedua, Univeristas Gajah Mada, Yogyakarta.

Pawit, 2012, Analisis Karateristik Parkir Dikawasan Pasar Bawah Sungailiat, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung, Bangka.

Rumah Sakit Medika Stania, 2018, ‘Data Rumah Sakit Medika Stania’, PT. Timah TBK, 22 April 2018, available at http://sirs.yankes.kemkes.go.id/rsonline/data_view.php?editid1=360, (accessed: 10 Agustus 2018).

Saribudi, A., 2008, Analisa Kebutuhan Lahan Parkir Pada Rsu Pirngadi Medan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumetra Utara, Medan.

Tamin, O, Z., 2000, Perencanaan dan pemodelan Transportasi, ITB, Bandung.

Yunita, A, M., Kanny, R, L., Rizal, A, H., 2012, Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Nusa Cendana, Kupang.

Published
2019-09-18
Abstract viewed = 34 times
pdf downloaded = 13 times

Most read articles by the same author(s)