ANALISIS VOLUME DAN BIAYA PENGERUKAN KOLAM DERMAGA CPO (CRUDE PALM OIL) KETAPANG PELABUHAN PANGKAL BALAM

  • Devi Oktafiany
  • Endang Setyawati Hisyam
  • Ferra Fahriani

Abstract

Dermaga CPO (Crude Palm Oil) Ketapang merupakan dermaga multipurpose yang digunakan untuk crude, migas (premium dan pertamax), LPG, dan propylene. Pada dermaga ini frekuensi kapal berlabuh terbatas dikarenakan kedalaman kolam dan alur mengalami pendangkalan. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan suatu penelitian mengetahui volume  pengerukan sebagai salah satu upaya optimalisasi kolam Dermaga CPO Ketapang. Analisis yang dilakukan pada pekerjaan pengerukan kolam dermaga ini menggunakan pedoman Teknis Pengerukan dan Reklamasi Tahun 2006 oleh Dirjen Perhubungan untuk mengetahui volume sedimen yang akan dikeruk serta melakukan analisis biaya yang dibutuhkan dalam pekerjaan pengerukan Kolam Dermaga CPO serta melakukan beberapa alternatif perhitungan biaya pengerukan menggunakan peraturan Kementrian PUPR tahun 2016. Hasil penelitian menunjukan desain kedalaman rencana berdasarkan nilai  draft 6,6 m untuk kapal desain terbesar general cargo yaitu –7,5 mLWS. Volume pengerukan sedimen Kolam Dermaga CPO berdasarkan desain kedalaman, slope, penambahan silation rate dengan luas area 2270 m2 yaitu 7.713 m3 serta total biaya pengerukan sebesar Rp 520.253.407.

Keywords: Pelabuhan Pangkal Balam, Kolam Dermaga, Pendangkalan dan Pengerukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2018.PT Pelindo II, Pangkalpinang

Aprionis, 2018, KSOP Pangkal Balam Percepat Keruk Alur Pelabuhan Pangkal Balam, Antaranews Babel, 22 mei hal 12-13.

Direktorat Jendral Perhubungan Laut, 2006. Pedoman Teknis Pengerukan dan Reklamasi. Kementrian Perhubungan. Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Laut, 2015. Pedoman Teknis Pengerukan Alur Pelayaran di Laut Dan Kolam Pelabuhan. Kementrian Perhubungan. Jakarta.

Rostiyanti, S.F , 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Fauzi, dkk. 2009. Kajian Sedimentasi Alur Pelayaran Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Jurnal Fakultas Teknik UNIB, Bengkulu.

Husain, S dan Juswan, 2013. Optimalisasi Dermaga Pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone. Pros. Has. Penelit. Fak. Tek. 7, Makassar.

Komatsu, 2004, Komatsu Specification and Application Handbook Edition 22, Tokyo: Komatsu Ltd.

Rifka, 2017. Analisis Kedalaman Perairan Untuk Mengetahui Volume Pengerukan Kolam Dermaga Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Fakultas Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang.

Rochmanhadi, 1986. Alat-Alat Berat dan Penggunanya, Departemen Pekerjaan Umum, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Satriadi, dkk. 2013. Studi Alur Pelayaran Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.. Jurnal Oseanografi Universitas Diponegoro, Hal:274-279, Semarang.

Triatmodjo B., 1996. Pelabuhan, Beta Offset. Yogyakarta.

Triatmodjo, B., 2009. Perencanaan Pelabuhan, Beta Offset. Yogyakarta.

Triatmodjo, B., 1999. Teknik Pantai, Beta Offset. Yogyakarta.

Published
2019-09-18
Abstract viewed = 2425 times
pdf downloaded = 1425 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>