KEHANDALAN SISTEM PADA PENYULANG PELANGGAN PREMIUM UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH)

  • Firman Alamsyah
  • Fardhan Arkan
  • Tri Hendrawan Budianto

Abstract

Pemadaman listrik merupakan permasalahan yang saat ini sering dihadapi oleh pelanggan PLN terutama di Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pangkalpinang. Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pangkalpinang saat ini memiliki Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) yang merupakan objek vital yang sangat diperhatikan kehandalan pasokan listriknya. Saat ini Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) disuplai dari satu penyulang yaitu penyulang Kodim, yang mana saat penyulang tersebut terjadi gangguan atau mengalami pemadaman terencana, maka pelanggan tersebut mengalami pemadam yang membutuhkan waktu lama. Seringnya masalah tersebut maka untuk mensuplai aliran listrik ke Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) hal tersebut dapat diatasi dengan pengalihan suplai ke penyulang tambahan yaitu dengan menggunakan alat pembantu LBS Three Ways untuk memanuver suplai beban Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) ke penyulang Pangkalan Baru untuk mempercepat proses penormalan disaat adanya gangguan permanen ataupun saat pemadaman terencana di penyulang kodim. Diharapakan hasilnya setelah dilakukan pemasangan LBS Three Ways suplai ke Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) saat terjadi gangguan atau pemadaman terencana dapat dialihkan selama 5 detik ke penyulang cadangan untuk mempercepat penormalan di Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT).

Keywords: pemadaman, objek vital, lbs three ways, dan manuver penyulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fikri, A. dkk. 2017. Strategi PT. Perusahaan Listrik Negara dalam pemenuhan tenaga listrik dan peningatan pelayanan pada masyarakat di Pulau Giligenting Kabupaten Sumenep (studi pada pembangkit listrik tenaga disel subrayon Giligenting). Malang.

Samudra, H.K.I, dkk. 2016. Studi peningkatan kualitas pelayanan penyulang Menggunakan load break switch (LBS) three way. Bali.

Prasetyo, D.T. 2017. Analisis Kehandalan Sistem Distribusi Pada Penyulang Jamaika. PLN Area Bangka.

Tupan, K.H. 2017. Optimasi Penempatan Load Break Switch (LBS) pada Penyulang Karpan 2 Ambon menggunakan Metode Algoritma Genetika. Ambon.

Ari Amrinal Putra. 2014. Etap (Electrical Transient Analyzer Program) Power Station. Jakarta.

Napitupulu, R. 2018. Laporan gangguan penyulang PLN UP3 Bangka. Pangkalpinang.

Napitupulu, R. 2018. Laporan arus penyulang PLN UP3 Bangka. Pangkalpinang.

Napitupulu, R. 2018. Laporan tegangan pembangkit PLN UP3 Bangka. Pangkalpinang.

PT PLN (Persero). 2005. Power System Engeneering Bidang Distribusi : Keandalan Sistem Distribusi. Palembang : PT PLN (Persero) Jasa Pendidikan dan Pelatihan.

PT PLN (Persero). 1985. SPLN 59 : Keandalan Pada Sistem Distribusi 20 kV dan 6 kV. Jakarta : Departeman Pertambangan dan Energi Perusahaan Umum Listrik Negara.

Gonen, Turan. 1986. Elektrical Power Distribution System Engeneering. USA : McGraw-Hill.

SPLN-1-1995. Tegangan- Tegangan Standar.

PLN UP3 Bangka 2018. Data Laporan Kondisi Listrik (Konlis).

PLN UP3 Bangka 2019. Single Line Diagram Distribusi Sistem Bangka, Buku Operasi Sistem.

Published
2019-09-18
Abstract viewed = 1253 times
pdf downloaded = 1061 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>