RANCANG BANGUN ALAT PEMANTAU TEGANGAN, ARUS DAN DAYA PADA PANEL HUBUNG BAGI (PHB) BERBASIS ARDUINO DAN BLYNK

  • Arief Juniar Asgar
  • Ghiri Basuki Putra
  • Tri Hendrawan Budianto

Abstract

Pada umumnya dalam pengukuran tegangan, arus, dan daya frekuensi listrik menggunakan alat ukur standar jenis alat ukur analog atau digital yang bersifat portable sehingga hasil pengukuran dapat diketahui secara langsung tetapi tidak dapat di monitor secara real-time. Dengan memanfaatkan perlengkapan elektronika, teknologi informasi, internet dan perangkat lunak Android akan dengan mudah memiliki data-data tentang tegangan, arus, daya dan frekuensi secara waktu bersamaan (realtime) untuk dapat dijadikan analisa mengenai kondisi PHB terpasang tanpa perlu mendatangi atau melihat secara langsung sehingga penghematan waktu dan biaya dapat dilakukan. Hasil yang didapatkan yaitu Perangkat monitoring tegangan, arus, daya dan frekuensi dapat berfungsi dengan baik secara real time dengan didukung oleh jaringan internet yang baik. Perangkat ini dapat membaca dengan cukup akurat, hanya memiliki selisih maksimal 8,82% dari nilai yang terukur pada panel PHB dari sembilan kali percobaan yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Juhara, Zamrony P. 2016. “Panduan Lengkap Pemrograman Android”, Andi Yogyakarta.
Kadir, Abdul. 2017. “Pemrograman Arduino & Android Menggunakan App Invertor”, PT. Elex Media Komputindo Jakarta.
Kadir, Abdul. 2017. “Pemrograman Arduino Mengguanakan ArduBlock”, Andi Yogyakarta.
Kadir, Abdul. 2018. “Dasar Pemrograman Internet untuk Proyek Berbasis Arduino”, Andi Yogyakarta.
Kurniawan, Itmi Hidayat dan Latiful Hidayat. 2014. “Perancangan Dan Implementasi Alat Ukur Tegangan, Arus Dan Frekuensi Listrik Arus Bolak-Balik Satu Fasa Berbasis Personal Computer”. Semarang : Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Sugeng, Winarno dan Theta Dinnarwaty Putri, 2015. “Jaringan Komputer Dengan TCP/IP, Membahas Konsep dan Teknik Implementasi TCP/IP dalam Jaringan Komputer”, Modula Bandung.
Published
2019-09-16
Abstract viewed = 53 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 42 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>