IDENTIFIKASI VARIABEL PENDUKUNG RANTAI PASOK UNTUK PENGEMBANGAN KONSTRUKSI DI KOTA TARAKAN

  • Eko Prihartanto

Abstract

Industri konstruksi di Kota Tarakan berkembang pesat sebagai dampak perkembangan wilayah yang menghasilkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Setiap kegiatan pembangunan memerlukan logistik yang didalamnya terdapat rantai pasok mulai dari produsen sampai ke konsumen (kontraktor pelaksana). Identifikasi rantai pasok diperlukan untuk mengetahui kendala pengadaan logistik untuk setiap kegiatan proyek. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey pendahuluan, survey utama dan interview, adapun objek penelitian ini adalah kontraktor pelaksana konstruksi di kota Tarakan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah ditemukannya variabel rantai pasok yang relevan terjadi pada kontraktor di Kota Tarakan guna mengetahui variabel yang berperan dalam pengembangan konstruksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bowersox, J. D., Closs, J. D., Cooper, B. M. & Bowersox, J. C. (2013). Supply Chain Logistics Management (Vol. 4th). McGraw-Hill.
Husein, Umar. (2003). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta :Gramedia.
Hamdah Aritonang, A., M Limbonh, C., Utomo D.H, J., & Kistiani, F. (2016). Simulasi Pengaruh Risiko Supply Chain Terhadap Keterlambatan Pengadaan Material Baja Tulangan Dengan Metode Monte Carlo. Jurnal Karya Teknik Sipil, 5, 18–28.
Maddeppungeng, A., Suryani, I., & Amarilis Kiki, O. (2018). Pengaruh rantai pasok terhadap kinerja kontraktor di provinsi banten dan dki jakarta. Konstruksia, 9(2), 75–87.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Susilawati, & D. Wirahadikusumah, R. (2006). Kajian Pengadaan oleh Kontraktor Pelaksana pada Proyek Konstruksi Bangunan Gedung. Jurnal Teknik Sipilo, 13(3), 133–150.
Published
2019-09-16
Abstract viewed = 19 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 25 times