KARAKTERISTIK TUNGKU DESTILASI BENTUK REFLEKTOR CEKUNG DAN RATA

  • Yudi Setiawan
  • Budi santoso
  • Septa Riski

Abstract

Alat destilasi digunakan untuk memproses air laut menjadi air bersih . Reflektor dibuat dengan dua bentuk, yaitu parabolik dan plat datar. Pengujian dilakukan di lapangan parkir Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung selama enam hari waktu pengujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk reflektor mana yang dapat menghasilkan produksi air bersih yang optimal. Data yang diambil adalah temperatur pada reflektor, tungku dan volume air yang dihasilkan. Diameter reflektor parabolik 2,60 m dengan tinggi titik tengah 0,545 m, dapat menghasilkan rata-rata produksi air bersih 54 ml perhari dengan rata-rata temperatur 44,510 0C serta  nilai radiasi yang dihantarkan reflektor parabolik ke tungku destilasi adalah sebesar 5,612 × 10-6 w/m2. Sedangkan untuk reflektor datar dengan lebar 1,5 m dan panjang 1,5 m, dapat menghasilkan produksi air bersih rata-rata 47ml perhari dengan temperatur rata-rata 42,910 0C  dan nilai radiasi yang dihantarkan reflektor datar ke tungku destilasi adalah sebesar 1,21 ×  10-6 w/m2.

Keywords: air laut, air bersih, reflektor, parabolik, datar, temperatur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Sugeng, 2005, Pemanfaatan Destilator Tenaga Surya (Solar Energy) Untuk Memproduksi Air Tawar Dari Air Laut, Laporan Penelitian Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Al-Kharabsheh S. D., Yogi Goswami, 2003, Analysis of an Inovative Water Desalination System Using Low-Grade Solar Heat, Solar Energy and Conversion Laboratory, Mechanical and Aerospace Engineering Dapartment, University of Florida.

Akhirudin, T. 2008. Desain Alat Destilasi Laut dengan Sumber Energi Tenaga Surya Sebagai Alternatif Penyediaan Air Bersih. Institut Pertanian Bogor.

Ketut Astawa, Made Sucipta, I Putu Gede Artha Negara. April 2011. “Analisa Performansi Destilasi Air Laut Tenaga Surya Menggunakan Peyerap Radiasi Surya Tipe Bergelombang Berbahan Dasar Beton”. Kesetimbangan Energi. 8 – 10.

Prasetyo, C. H, 2011. Peningkatan Unjuk Kerja Destilasi Air Energi Surya Menggunakan Reflektor. Skripsi jurusan teknik mesin Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

T.etuko A.P, Khaerudini D.S., Muljadi dan Sebayang P., 2009, Heat Transfer pada Sistem Desalinasi Tenaga Surya dengan Pelat Penyerap berbasis Tembaga

Published
2019-09-16
Abstract viewed = 33 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 48 times