PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PENAGAN DALAM PEMANFAATAN POTENSI LOKAL BERBASIS ECO-VILLAGE

  • Ririn Amelia
  • Fajar Indah Puspita Sari
  • Revy Safitri

Abstract

Desa Penagan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa ini memiliki luas daerah sebesar 44,71 km2 dengan jarak 60 km dari Kecamatan Mendo Barat. Penagan memiliki banyak potensi lokal yang belum termanfaatkan dengan maksimal, seperti hutan Mangrove yang ada di pesisir Pantai Tanjung Raya hingga melimpahnya hasil Kepiting Bakau. Berdasarkan potensi sumberdaya alam yang dimiliki oleh Desa Penagan, sudah semestinya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, permasalahan mengenai lingkungan di desa ini masih belum terselesaikan, misalnya masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, minimnya pengetahuan mengenai pemanfaatan potensi lokal, dan pemanfaatan teknologi dalam pemasaran serta promosi produk lokal. Beberapa hal inilah yang mendorong untuk dapat memberdayakan masyarakat menuntaskan permasalahan-permasalahan tersebut. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan pola hidup sehat, membangun pola pikir masyarakat untuk memanfaatkan sampah, hingga mengoptimalkan Hutan Mangrove sebagai objek wisata berbasis eco-village. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berdampak meningkatkan pengetahuan, sikap kemandirian, dan kepuasan terhadap program baik untuk masyarakat non produktif ekonomi maupun masyarakat produktif ekonomi guna mendukung terwujudnya Desa Penagan menjadi desa wisata yang berbasis eco-village.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R., Safitri, R., Sari, F.IP., 2018. Usulan KKN–PPM Pemberdayaan Masyarakat Desa Penagan Melalui Program Semasa (Sehat, Mandiri, Sejahtera) Untuk Menuju Desa Wista Eco-Village. Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung.

Badan Pusat Statistik, 2017. Kecamatan Mendo Barat dalam Angka 2017. Kabupaten Bangka

Kartasasmita, G., 1997. Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan yang Berakar pada Masyarakat, Jakarta : Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Rengkung, Henriyani L.J., dan Gosal, Pierre H., 2015. Strategi Konservasi Ekosistem Mangrove Desa Mangega dan Desa Bajo Sebagai Destinasi Ekowisata di Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal Spasial, Vol. 2 No.3, ISSN: 2442-3262, hlm 192 -200.

Republik Indonesia, 2012. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2012, Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove.
Published
2019-09-17
Abstract viewed = 105 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 52 times

Most read articles by the same author(s)