OPTIMALISASI PEMANFAATAN SOLAR WATER HEATER MENGGUNAKAN SISTEM KONTROL DISCRETE HYBRID

  • Sri Utami
  • Rizky Kurnia

Abstract

Energi matahari menjadi salah satu sumber energi berkelanjutan yang dapat dikonversikan menjadi panas atau energi listrik. Salah satu produk yang mengaplikasikan energi panas matahari adalah solar water heater (SWH). Satu permasalahan yang timbul adalah ketika intensitas matahari yang diterima tidak mencukupi untuk menaikkan nilai temperatur fluida sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. Hal ini dapat mempengaruhi kepuasan pengguna disebabkan temperatur fluida yang diinginkan tidak tercapai atau lamanya waktu yang diperlukan untuk mencapai temperatur set point. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuat sebuah sistem kontrol diskrit hybrid solar water heater berbasis programmable logic control (PLC) Omron CPM2A dan sensor temperatur LM35 yang berfungsi untuk mengatur temperatur fluida dari pemanas air tenaga surya. Sistem kontrol diskrit  memanaskan fluida dalam SWH didalam tangki dengan menggunakan elemen pemanas listrik. Kontrol diskrit diaplikasikan pada elemen pemanas listrik untuk mengurangi konsumsi daya dengan memvariasikan kondisi daya yang digunakan yaitu 100%, 75%, 50%, dan 25% dari total daya elemen pemanas. Pengujian menunjukkan bahwa sistem kontrol diskrit dengan variasi tersebut dapat menurunkan pemakaian daya sebesar 10,97% dibandingkan dengan kontrol on-off.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bai, Y., Chow, T. T., M´en´ezo, C., & Dupeyrat, P. (2012). Analysis of a Hybrid PV/Thermal Solar-Assisted Heat Pump System for Sports CenterWater Heating Application. International Journal of Photoenergy, 2012, 13. doi:10.1155/2012/265838

Bhasin, V. (2014). Performance Testing Methodology of a Hybrid Solar Water Heater-cum-room Lighting Room Heater. MIT International Journal of Mechanical Engineering,, 4(1), 4.

Harris, C. M. (2005). Dictionary of Architecture & Cconstruction: Mc. Graw-Hill.

Hoeschele, M., Kosar, D., Weitzel, E., Glanville, P., & Vadnal, H. H. (2012). WATER HEATING DESIGN GUIDE. Retrieved from

IRENA, I.-E. a. (2015). Solar Heating and Cooling for Residential Applications. Retrieved from

Santoso, B. H., Rahardjo, A. H., Wulung, A., & Suwidodo. (2008). Pembuatan Solar Collector Sistem Siklus Terbuka Dengan Aalat Kontrol Berbasiskan Mikrokontroler ATMEGA 8583. Teknik Energi.
Published
2019-09-17
Abstract viewed = 31 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 17 times