KAJIAN TIPOLOGI KAWASAN PESISIR UNTUK PENGEMBANGAN PERMUKIMAN NELAYAN di kota tarakan

  • Eko Prihartanto
  • Abdul Muis P
  • Atika Dini S

Abstract

Pengembangan Wilayah Pesisir memiliki dampak terhadap tipologi suatu kawasan. Kota Tarakan Memiliki Pesisir di Sekeliling Pulau Tarakan sehingga sangat menarik untuk diteliti. Mengingat kontribusi perkembangan wilayah berdampak untuk warga pesisir khususnya para nelayan. Tanjung pasir dan Tanjung Batu adalah Wilayah kecamatan Tarakan Timur merupakan objek dari penelitian ini.

Metodelogi yang digunakan adalah dengan observasi langsung ke wilayah Tanjung Pasir dan Tanjung batu untuk menentukan tipologi dari kawasan tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pola kehidupan masyarakat Tanjung Batu 70% berpenghasilan dari nelayan baik itu nelayan ikan maupun rumput laut. Adapun sebagian masyarakat yang bekerja pada pabrik yang berada di Tanjung Pasir yaitu pabrik udang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyadi, A. 2016. Peran Telaga dalam Pemenuhan Kebutuhan Air Kawasan Karst Gunungsewu Pasca

Pembangunan Jaringan Air Bersih. Geomedia, 14(2): 23-33.

Haryono, E.; Barianto, D.H.; Cahyadi, A. 2017. Hidrogeologi Kawasan Karst Gunungsewu: Panduan Lapangan Fieldtrip PAAI 2017. Yogyakarta: Perhimpunan Ahli Air tanah Indonesia.

Hartomo, Wahyu.(2004). Perencanaan Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Secara Terpadu Dalam Menunjang Pembangunan Daerah. Makalah. Bogor:Institut Pertanian Bogor.

Marfai, M.A.; Sekaranom, A.B.; Cahyadi, A. 2015. Profiles of Marine Notches in The Baron Coastal Area - Indonesia. Arabian Journal of Geosciences, 8(1), 307-314.

Manaf, M. (2007). Analisis Pemanfaatan Ruang Di Wilayah Pesisir Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Salayar. 10–21.

Pontoh, Nia. K, dan Iwan Kustiwan. 2008. Pengantar Perencanaan Perkotaan. Bandung. ITB Press.

Pollo, J. Y., Tondobala, L., & Sela, R. L. E. (2011). Ketersediaan infrastruktur permukiman kumuh pesisir studi kasus : desa likupang dua dan desa likupang kampung ambong, kecamatan likupang timur, kabupaten minahasa utara, provinsi
sulawesi utara.

Supriharyono. 2007. Konservasi Ekosistem Sumber Daya Hayati. Pustaka Pelajar. Yogyakarta: 428 hal.
Published
2019-09-17
Abstract viewed = 40 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 55 times