ANALISIS PERHITUNGAN TINGKAT MUTU PELAYANAN PELANGGAN PENYULANG AMERIKA PLN AREA BANGKA DENGAN PENDEKATAN DATA AUTOMATIC METER READING

  • Tri Putra Septa
  • Rika Favoria Gusa
  • Irwan Dinata

Abstract

Kebutuhan pelanggan akan sangat menentukan kualitas yang akan diberikan oleh perusahaan, sehingga kualitas yang tinggi bukan berdasar pada persepsi perusahaan melainkan berdasar pada persepsi pelanggan. Oleh sebab itu dibuatkan suatu standar pelayanan PLN atas pelayanan yang diberikannya kepada pelanggan. Dalam hal ini salah satunya adalah Tingkat Mutu Pelayanan (TMP). Namun perhitungan TMP masih belum memanfaatkan data nyata dari load profile AMR. Dua poin yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah AMR dan TMP, dilakukan dengan memaksimalkan data dari load profile meter di gardu distribusi Penyulang PLN untuk keperluan perhitungan berapa kali padam dan berapa lama padam yang dialami pelanggan pada penyulang tersebut. Pehitungan ini mengggunakan pendekatan pada hasil load profile yang di rekam kwh-meter kemudian ditarik secara remote melalui pembacaan jarak jauh ke server. Dari data tersebut didapatkan data kali dan durasi padam di gardu masing-masing. Dari data pelanggan PLN kita dapatkan pelanggan-pelanggan yang dilayani oleh gardu tersebut. Dari hasil load profile AMR bulan April 2017 didapatkan hasil realisasi maksimal lama padam adalah selama 16 jam dari deklarasi 17 jam dan realisasi maksimal kali padam sebanyak 9 kali dari deklarasi 9 kali. Sehingga tidak ada keterlampuan TMP yang terjadi di penyulang Amerika PLN Area Bangka, oleh karena itu tidak ada pelanggan PLN Area Bangka pada penyulang tersebut yang mendapatkan kompensasi TMP

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-28
Abstract viewed = 802 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 952 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>