PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS DI PG KREMBOONG, SIDOARJO, JAWA TIMUR)

  • Dhita Morita Ikasari
  • Putri Dumayanti Silalahi
  • Usman Effendi

Abstract

Dalam menghadapi era yang kompetitif, PG Kremboong dituntut untuk mampu menyusun manajemen strategis dalam rangka mengembangkan organisasinya agar mampu bertahan dan memenangkan persaingan. Dalam menyusun suatu manajemen strategis, PG Kremboong harus mengetahui secara tepat tingkat kinerjanya. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pengukuran kinerja yang dapat membantu PG Kremboong dalam meningkatkan kinerjanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat kinerja PG Kremboong dengan menggunakan metode balanced scorecard dan menentukan usulan perbaikan untuk pengembangan perusahaan dan perbaikan kinerja dimasa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PG Kremboong memperoleh skor kinerja sebesar 76,19% yang menunjukkan bahwa PG Kremboong berada pada kondisi kinerja yang sangat sehat. Terdapat 11 indikator yang digunakan dalam pengukuran kinerja PG Kremboong yang telah mencapai tingkat kinerja yang baik yaitu return on asset, total asset turnover, profit margin, customer acquisition, customer retention, profitabilitas pelanggan, manufacturing cycle effectiveness, produktivitas biaya produksi, tingkat retensi karyawan, tingkat produktifitas karyawan, dan tingkat kepuasan karyawan. Namun masih terdapat 2 indikator yang tingkat kinerjanya masih kurang baik yaitu tingkat kecelakaan kerja dan tingkat pelatihan karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-10
Abstract viewed = 606 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 1625 times