KAJIAN PEMASARAN KARET RAKYAT KECAMATAN BATIN XXIV KABUPATEN BATANGHARI

  • Dyah Cahyaningsih Universitas Jambi
  • Dompak MT Napitupulu Universitas Jambi
  • Rozaina Ningsih Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pemasaran karet Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari pada bulan Desember 2022 – Januari 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang petani. Penarikan sampel petani menggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) sedangkan penentuan sampel lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bokar yang diperjual belikan petani berbentuk slab. Penentuan kadar karet kering (KKK) dilakukan dengan penaksiran secara visual. Pemasaran bokar secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu melalui perantara UPPB dan melalui pedagang pengumpul. Terdapat 4 saluran pemasaran bokar di Kecamatan Batin XXIV. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran di daerah penelitian meliputi fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas.

Kata Kunci: Karet, Pemasaran, Saluran Pemasaran

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-05-02
Abstrak viewed = 17 times
PDF downloaded = 16 times