PENINGKATAN OMSET HASIL TANI: STRATEGI PEMASARAN DAN PENGOLAHAN PISANG MENJADI KERIPIK DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI OHOI MAAR KABUPATEN MALUKU TENGGARA
Abstract
Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan program kewirausahaan berupa pelatihan Branding dan Marketing dari produk keripik pisang yang menjadi produk unggulan potensial dari Ohoi Maar. Kegiatan tersebut disertai dengan sosialisasi strategi pemasaran yang diberikan kepada pelaku usaha rumahan yang dimaksudkan untuk mengangkat potensi wirausaha masyarakat Ohoi Maar. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari kegiatan sosialisasi pada aspek pengetahuan masyarakat terkait masalah produksi, pengemasan dan pemasaran. Pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara digunakan dalam menyusun hasil pengabdian ini. Sebelum dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat didapat beberapa permasalahan dalam pengembangan produk diantaranya pelaku usaha rumahan masih menggunakan metode konvensional dan kurang inovasi baik dalam masalah produksi, kemasan, dan pemasaran. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait mengolah, pengemasan dan pemasaran produk serta memberikan hasil peningkatan nilai ekonomi sebesar 50% pada produk keripik pisang berbagai rasa yang diproduksi oleh masyarakat.