MENINGKATKAN NILAI KEWIRAUSAHAAN LOKAL MELALUI INOVASI DAN KREATIVITAS PRODUK

Authors

  • Aliah Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia
  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia
  • Reni Desviliani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia
  • Nila Komalasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia
  • Yuyun Istiqomah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia
  • Sahrini Sahrini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia
  • Desi Fitrianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia
  • Faijan Fahrulah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Jln. Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33019/depati.v5i1.5758

Keywords:

Kreativitas, inovasi produk, kesuksesan bisnis

Abstract

Kewirausahaan lokal merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan ekonomi komunitas dan pemberdayaan masyarakat. Untuk meningkatkan nilai kewirausahaan lokal, inovasi dan kreativitas memainkan peran yang sangat krusial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan inovasi dan kreativitas dapat meningkatkan nilai kewirausahaan di tingkat lokal. Melalui observasi, mahasiswa KKNT-MBKM STIE BIMA melihat kurangnya pengetahuan masnyarakat desa rato dalam hal inovasiĀ  dan kreativitas. Maka dengan itu kami melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah desa rato dan pelaku UMKM untuk melakukan kegiatan inovasi produk khas desa rato demi pengembangan dan keberlangsungan ekonomi masyarakat desa rato. bahwa dalam produk dan layanan serta penerapan solusi kreatif dalam menghadapi tantangan bisnis lokal mampu memperluas pasar, meningkatkan daya saing, dan memperkuat posisi ekonomi para wirausaha. Pendekatan berbasis komunitas, kolaborasi antar pelaku usaha lokal, dan pemanfaatan teknologi adalah beberapa strategi yang terbukti efektif dalam memacu inovasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi wirausahawan lokal dan pemangku kepentingan dalam merancang dan melaksanakan strategi inovasi yang berkelanjutan, serta mendorong ekosistem kewirausahaan lokal yang lebih dinamis dan berdaya saing tinggi.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN NILAI KEWIRAUSAHAAN LOKAL MELALUI INOVASI DAN KREATIVITAS PRODUK. (2025). Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 5(1), 95-101. https://doi.org/10.33019/depati.v5i1.5758