PROGRAM PENDAMPINGAN PENULISAN ABSTRAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENULIS KARYA ILMIAH DI SMAN 2 PANGKALPINANG

Authors

  • Anisa Indriawati Program Studi Fisika Universitas Bangka Belitung Balunijuk,Kabupaten Bangka (33172), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia 1)
  • Tri Kusmita Program Studi Fisika Universitas Bangka Belitung Balunijuk,Kabupaten Bangka (33172), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia 1)
  • Andina Syafrina Program Studi Teknik Arsitektur Balunijuk,Kabupaten Bangka (33172), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia
  • Indah Puspita Program Studi Fisika Universitas Bangka Belitung Balunijuk,Kabupaten Bangka (33172), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia 1)

DOI:

https://doi.org/10.33019/depati.v5i1.6219

Keywords:

Pengabdian, abstrak, artikel ilmiah, sekolah

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana kegiatan pembelajaran akan lebih optimal. Peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum ini diterapkan di semua jenjang Pendidikan (PAUD, SD, SMP dan SMA). Kurikulum merdeka memiliki fleksibilitas dalam hal alokasi waktu serta materi pelajaran, namun tetap berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik. Siswa memiliki kebebasan untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki. Di sisi lain, kurikulum ini juga memberikan kebebasan pada Guru dalam memilih perangkat ajar sehingga dapat disesuaikan dengan
kebutuhan belajar dan minat siswa. Kemdikbudristek memberikan kebijakan mengenai keleluasaan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan tingkat kesiapannya (Nugraha, T S, 2022) SMA Negeri 2 Pangkalpinang telah menerapkan kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka di SMA N 2 Pangkalpinang

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PROGRAM PENDAMPINGAN PENULISAN ABSTRAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENULIS KARYA ILMIAH DI SMAN 2 PANGKALPINANG. (2025). Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 5(1), 65-70. https://doi.org/10.33019/depati.v5i1.6219