RANCANG BANGUN ANTENA YAGI 433 MHZ PADA AUTOMATIC ANTENNA TRACKER UNTUK PESAWAT TERBANG TANPA AWAK

  • Denny Hidayat Tri Nugroho Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera
  • M. Farid Hasan Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Sumatera

Abstrak

Bidang pemetaan lahan skala kecil menggunakan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) sebagai sarana  pemetaan. UAV memerlukan komunikasi tanpa kabel (wireless) dengan jarak yang jauh dan stabil. Untuk itu dibutuhkan sebuah antena dengan pola pancaran yang jauh dan penguatan (gain) yang tinggi. Penelitian ini menggunakan Antena Yagi karena memiliki pola pancaran yang terarah (directional)  tetapi memilki kelemahan yaitu, antena yagi harus diarahkan secara pointing untuk menjaga komunikasi antara antena dan UAV. Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi antena yagi dengan frekuensi 433 MHz, diperoleh penguatan (gain) sebesar 14,2 dBi. Rancangan antenna yagi dibuat menggunakan Almunium dan tembaga berbentuk pipa. Dari hasil pengujian jarak komunikasi didapat jarak jangkauan ± 5 km. Pengujian dilakukan dengan memasangkan antena yagi ke modul receiver telemetri 433 MHz, kemudian modul transceiver dipasang di pesawat tanpa awak (UAV) yang diterbangkan.

Kata Kunci: Antena, Antena Yagi, Komunikasi Wireless, Pesawat Tanpa Awak, Telemetri

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Deden. N. R, Arsyad. R. D, Lita. Lidyawati, “Impelementasi Antena Yagi 5 Elemen Sebagai Penerima Siaran Televisi di Bandung Kota”.(2016).JETT.

Soleh, Muhammad. 2012. Perancangan Antena Yagi Uda Pada Frekuensi 600 MHz, Semarang : Teknik Elektro Undip.

Ridwan Lesmana, “ANTENA YAGI untuk 2 m Band,” pp. 1–8, 1925.

E. S. dan R. Widianto, “Perancangan Antena Mikrostrip Yagi pada Frekuensi Kerja 1,9-2,1 GHz,” pp. 151–157, 2017.

Fauzi.D.L.N, dan T Hariyadi, “Design of a Directional Microstrip Antenna at UHF-Band for Passive Radar Application”, (2017), ISMEE, Universitas Pendidikan Indonesia.

S.I.Andi, Maria Ulfah, Hadiyanto, “Pengaruh Beamwidth, Gain dan Pola Radiasi Performansi Antena Penerima”, 2018, Politeknik Negeri Balikpapan.

Diterbitkan
2020-04-07
Abstrak viewed = 58 times
PDF downloaded = 75 times