PEMANFAATAN MATLAB UNTUK PENENTUAN JALUR TERPENDEK EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DI WILAYAH KECAMATAN CILACAP SELATAN

  • Sugeng Dwi Riyanto Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Cilacap
  • Artdhita Fajar Pratiwi Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Cilacap
  • Rostika Listyaningrum Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Cilacap

Abstrak

Wilayah kecamatan Cilacap Selatan adalah salah satu wilayah di kabupaten Cilacap yang memiliki kerapatan penduduk tertinggi dan merupakan area dengan potensi tsunami terbesar. Akan tetapi, sebagian besar jalan utama di Kecamatan Cilacap Selatan sejajar dengan garis pantai. Kondisi ini akan memperlambat evakuasi penduduk ke lokasi yang aman. Pada tahun 2006 dan 2017, kabupaten Cilacap pernah mengalami beberapa kejadian gempa bumi yang berpotensi tsunami. Hal ini menyebabkan masyarakat menjadi panik dan cenderung memilih jalur evakuasi melalui jalan-jalan utama tanpa mempertimbangkan jalur tersebut menjadi padat dan berakibat menjadi kemacetan total. Berdasarkan kondisi tersebut, diperlukan sebuah sistem yang berisi informasi tentang jalur evakuasi terpendek yang dapat ditempuh oleh masyarakat menuju lokasi aman. Penentuan jalur evakuasi terpendek dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak MATLAB. Simulasi yang dibuat pada MATLAB, terdapat titik awal sebagai lokasi awal atau lokasi bahaya tsunami dan titik akhir sebagai lokasi tujuan atau lokasi aman dari bahaya tsunami. Dengam memanfaatkan perangkat lunak MATLAB dapat mensimulasikan jalur terpendek evakuasi tsunami di wilayah kecamatan Cilacap Selatan beserta jarak dan gambar grafiknya.

Kata Kunci: jalur evakuasi terpendek, MATLAB, titik awal, titik akhir

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Mück, M., (2008). Tsunami Evacuation Modelling. Development and application of a spatial information system supporting tsunami evacuation planning in South-West Bali. Universität Regensburg.

Kurniawan, L, dkk. (2011). Indeks Rawan Bencana Indonesia. Direktorat Pengurangan Risiko Bencana, Deputi Bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan, BNPB. Jakarta.

Rachman, A.P. and Suryo, M.S., (2015). Penerapan Sistem Evakuasi Tsunami Di Kawasan Perkotaan Kabupaten Cilacap, Kasus: Kecamatan Cilacap Selatan. Jurnal Permukiman, 10(1), pp.37-48.

Listyaningrum, R., Pratiwi, AF., Riyanto, SD., (2019). Penentuan Jalur Terpendek Evakuasi Bencana Tsunami Di Kecamatan Cilacap Selatan dan Sekitarnya Menggunakan Algoritma Djikstra. Sentrinov Vol.5. pp.2111-2118. Polman Babel.

Munir, R., (2016). Matematika Diskrit. Penerbit Informatika. Bandung

Verdianto, E. (2013). Perancangan Sistem Penentuan Rute Terpendek Jalur Evakuasi Tsunami dengan Algoritma Ant Colony (Studi Kasus: Belawan). Program Studi S1 Ilmu Komputer. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. Medan.

Susani, IM., (2012). Perbandingan Algoritma Djikstra, Bellman-Ford, dan Floyd-Warshall Untuk Mencapai Rute Terpendek. Program Studi Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Mudhana, IMP., Purnomo, MH dan Nugroho, SMS. (2014) Simulasi Pergerakan Evakuasi Bencana Tsunami Menggunakan Algoritma Boids dan Pathfinding. Seminar Nasional ke – 9: Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi.

Zulfa, AM., (2015). Aplikasi Penentuan Rute Evakuasi Bencana Tsunami Kota Padang Menggunakan Algoritma A-Star Berbasis Hybrid Application. Jurusan Ilmu Komputer/Informatika. Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro.

Htun, YY., (2019) Case Study of Shortest Path Algorithms and Implementation using MATLAB. International Journal of Biology, Physic & Mathematics Vol.4, pp 53-59

Diterbitkan
2020-04-28
Abstrak viewed = 48 times
PDF downloaded = 11 times