PROTOTIPE DATA LOGGING MONITORING SYSTEM UNTUK KONVERSI ENERGI PANEL SURYA POLYCRYSTALLINE 100 WP BERBASIS ARDUINO UNO

  • Welly Yandi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universaitas Bangka Belitung

Abstrak

Data logging monitoring system merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memantau hasil keluaran panel surya berupa tegangan dan arus berdasarkan waktu dan suhu. Alat ini menggunakan Arduino Uno sebagai mikrokontroler untuk memantau atau memproses data yang dihasilkan panel surya. Sensor yang digunakan adalah sensor tegangan, sensor arus dan sensor suhu. Data yang dihasikan akan secara otomatis tersimpan pada SD Card. Data yang dihasilkan dan disimpan pada SD Card akan diubah menggunakan aplikasi PLX-DAQ agar dapat dibaca dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Sementara, Panel surya yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kapasitas sebesar 100 Wp. Agar diperoleh arus maksimal maka digunakan beban sebesar 6 Watt. Sedangkan, kapasitas aki yang digunakan adalah 5 Ah. Waktu yang dihasilkan selama proses pengecasan aki dibandingkan dengan daya yang dihasilkan oleh panel surya adalah 4,43 jam. Hasilnya, dalam keadaan aki penuh dapat menyuplai energi listrik selama 10 jam dengan beban 6 Watt.

Kata Kunci: Arduino Uno, Data Logging Monitoring System, Panel Surya

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A. Febrianto, W. Sunanda, and R. F. Gusa, “Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya: Studi Kasus di Kota Pangkalpinang,” J. Presipitasi Media Komun. dan Pengemb. Tek. Lingkung., vol. 16, no. 2, p. 76, 2019.

I. Kholiq, “Pemanfaatan energi alternatif sebagai energi terbarukan untuk mendukung subtitusi bbm,” J. IPTEK, vol. 19, pp. 75–91, 2015.

E. Liun and Sunardi, “Perbandingan Harga Energi Dari Sumber Energi Baru Terbarukan Dan Fosil,” J. Pengemb. Energi Nukl., vol. 16, no. March, pp. 119–130, 2014.

W. Yandi, S. Syafii, and A. B. Pulungan, “Tracker Tiga Posisi Panel Surya untuk Peningkatan Konversi Energi dengan Catu Daya Rendah,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 6, no. 3, p. 159, 2017.

Syafii and R. Nazir, “Performance and energy saving analysis of grid connected photovoltaic in West Sumatera,” Int. J. Power Electron. Drive Syst., vol. 7, no. 4, pp. 1348–1354, 2016.

Syafii, M. I. Rusydi, R. Putra, and M. H. Putra, “Real-time measurement of grid connected solar panels based on wireless sensors network,” Proceeding - 2016 Int. Conf. Sustain. Energy Eng. Appl. Sustain. Energy a Better Life, ICSEEA 2016, pp. 95–99, 2017.

H. Satria and S. Syafii, “Sistem Monitoring Online dan Analisa Performansi PLTS Rooftop Terhubung ke Grid PLN,” J. Rekayasa Elektr., vol. 14, no. 2, 2018.

Diterbitkan
2020-04-29
Abstrak viewed = 32 times
PDF downloaded = 19 times