PENINGKATAN PERFORMANSI APLIKASI PEMBEDA SUARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN BERDASARKAN FREKUENSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

  • Andi Sri Irtawaty Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Balikpapan
  • Maria Ulfah Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Balikpapan

Abstrak

Seiring perkembangan teknologi, teknik identifikasi suara manusia berdasarkan jenis kelamin sangat diperlukan untuk oleh beberapa pihak terutama dibidang pendidikan. Parameter utama dalam membedakan suara laki-laki dan perempuan adalah frekuensi dari sampel pengucapan satu kata yang sama dengan durasi waktu  dan tekanan yang sama. Untuk memudahkan hal tersebut, maka dirancanglah sebuah aplikasi pembeda suara laki-laki dan perempuan berbasis matlab dan hasilnya akan ditingkatkan performansinya dengan metode fuzzy logic. Berdasarkan pengujian aplikasi tersebut, dari 20 sampel suara manusia yang diujikan, ada 1 sample suara yang sulit teridentifikasi, sehingga tingkat keakuratannya hanya 95%. Namun dengan menggunakan metode fuzzy logic,  1 sample suara tersebut dapat diklasifikasikan berupa jenis suara perempuan, sehingga performansi aplikasi pembeda suara laki-laki dan perempuan meningkat menjadi 100%.  Hasil akhir penelitian ini diperoleh range frekuensi sinyal suara laki-laki 81.93 Hz sampai 233.3 Hz sedangkan range frekuensi sinyal suara perempuan 316.9 Hz sampai 575.5 Hz.

Kata Kunci: suara, frekuensi, fuzzy logic, waktu, tekanan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A. S. Irtawaty, "Implementasi Metode Fast Fourier Transform (FFT) Dalam Mengklasifikasikan Suara Pria dan Wanita di Laboratorium Jurusan," Jurnal Terpadu Teknologi, vol. 7, no. 2, Oktober 2019.

B. Susanto, "Identifikasi Suara Pria dan Wanita berdasarkan Frekuensi Suara," Universitas Kristen Duta Wacana, 2011.

A. Ahmadiyah, "Sistem Rekomendasi Lagu Berdasarkan Jenis Suara Penyanyi Pada Aplikasi Karaoke.," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 15, no. 2, pp. 248-255, 2017.

W. Rahim, "Analisis Spektrum Suara Manusia Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender) Dan Kelompok Umur Menggunakan Komputer.," Jurnal IOM FMIPA, vol. 2, no. 1, 2015.

T. Sejati, "Klasifikasi Suara Burung Lovebird Dengan Algoritma Fuzzy Logic. e-Proceeding of Engineering," e-Proceeding of Engineering, vol. 2, no. 2, p. 3171, 2015.

Diterbitkan
2020-03-16
Abstrak viewed = 83 times
PDF downloaded = 28 times