Rancang Bangun Aplikasi Barang Habis Pakai di Laboratorium Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung

  • Asmar Asmar Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung
  • Ridwan Andrian Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Abstrak

Laboratorium Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung merupakan tempat mahasiswa melakukan aktifitas praktikum dan kegiatan penelitian . Di laboratorium Teknik Elektro UBB banyak sekali komponen elektronika dan peralatan listrik yang digunakan mahasiswa untuk kegiatan praktikum maupun kegiatan penelitian. Komponen elektronika dan peralatan listrik  di kategorikan sebagai bahan habis pakai (BHP) dikarenakan komponen tersebut hanya satu atau dua kali pakai.  Di dalam pelaksanaan prosedur pemakaian barang habis pakai, Laboratorium Teknik Elektro menggunakan sistem pencatatan manual sehingga dalam pelaksanaannya belum berjalan secara optimal dan masih manual sehingga banyak permasalahan yang terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu aplikasi yang mampu mengontrol penggunaan komponen elektronika dan peralatan listrik yang ada di laboratorium. Analisis dalam pembuatan aplikasi dilakukan dengan cara observasi terhadap sistem yang berjalan kemudian didesain menggunakan Microsoft  Access. Aplikasi yang akan dibuat diharapkan dapat memudahkan pengelola laboratorium dalam proses perekaman data penggunaan barang. Selain itu, aplikasi juga diharapkan dapat memberikan informasi mengenai ketersediaan barang sehingga dapat memudahkan perencanaan pengadaan barang habis pakai dan pembuatan laporan dan penyimpanan data secara digital.

Kata Kunci: Laboratorium, Bahan Habis Pakai, Microsoft Access

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Jogiyanto, Analisis dan Disain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Cetakan Ketiga, Andi, Yogyakarta, 2005.

David M. Kroenke, Database Processing Fundamentals, Design, and Implementation, Eight Edition, Pretince Hall, 2002.

Madcoms, Membangun Aplikasi Stok Inventori, Andi Publisher, 2015.

Asmar dan Ghiri B. P., Rancang Bangun Aplikasi Sistem Inventory dengan Barcode di Laboratorium Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung, Jurnal Ecotipe Vol. 8 No.1, pp.33-38, 2021.

Kukuh Nugroho, Jaringan Komputer, Media Tera, 2016.

A. D. Maharani dan S. Wiyono, Sistem Informasi Inventaris Laboratorium Berbasis Web Pada Stikes Bhakti Mandala Husada Slawi, Jurnal Informatika, 2016.

H. R. Puspitawati, H. W. Herwanto, Perancangan Sistem Informasi Invetarisasi Labotorium Berbasis Web, Jurnal Tekno, Vol.17, 2012.

Diterbitkan
2021-10-10
Abstrak viewed = 17 times
PDF downloaded = 1 times