RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM SMART PARKING BERBASIS ARDUINO DAN PEMANTAUAN MELALUI SMARTPHONE

  • Rudi Rudi Jurusan Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung
  • Irwan Dinata Jurusan Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung
  • Rudy Kurniawan Jurusan Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung https://orcid.org/0000-0002-7829-6388

Abstrak

Perancangan Smart Parking bertujuan untuk merancang suatu alat mikrokontroler yaitu Smart Parking yang dapat menginformasikan dan mengarahkan pengendara mobil ke area parkir yang kosong. Lahan parkir yang dijadikan sebagai objek penelitian terdiri dari beberapa lokasi parkir dengan kapasitas beberapa kendaraan, namun penelitian ini hanya memilih bebarapa slot parkir sebagai sampel. Pada perancangan ini memiliki beberapa bagian umum yang digunakan, yaitu sensor ultrasonik HC-SR04, Arduino Mega, PC/laptop, LCD (Liquid Cristal Display) dan IOT (Internet Of Things) penelitian menunjukkan bahwa LCD akan menampilkan beberapa slot parkir yang sudah terisi dan beberapa lagi slot parkir yang kosong dan pemantauan melalui Smartphone dengan menggunakan aplikasi Blynk. Sedangkan untuk bagian palang pintu masuk area parkir menggunakan alat yaitu servo, dan Arduino UNO sebagai pengoperasian palang pintu parkir tersebut. Pada perancangan ini menghasilkan jarak pada sensor parkir di bawah 6 cm menandakan bahwa keadaan slot parkir terisi dan di atas 6 cm menandakan keadaan slot parkir tersedia pada LCD dan aplikasi Blynk tersebut. Sedangkan untuk servo palang masuk mendeteksi mobil pada jarak di bawah 5cm servo akan terbuka dengan delay 3 detik dan jika di atas 5 cm menandakan bahwa tidak ada mobil di depan palang sensor.

Kata Kunci: Arduino, Blynk, Smart Parking

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1] Bejo, A. (2013). C&AVR Rahasia Kemudahan Bahasa C dalam MikokontrolerATMega8535. Graha Ilmu, Yogyakarta.
[2] Budiharto, W. (2012). Panduan Praktikum Mikrokontroler AVR ATMega16. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
[3] Murti, Y. (2016). Rancang Bangun Prototipe Pengendali Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Arduino dan Smartphone. Skripsi. Universitas Bangka Belitung. Bangka.
[4] Aji, W. S., Hermawanto, F., Muchlas (2010). ”Purwarupa Robot Pemadam Api Dengan Sensor Ultrasonik Dan Ultraviolet Berbasis AT89S52” Tugas Akhir, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
[5] Sugiharto, A. (2013). Penerapan Dasar Tranduser dan Sensor. Kanisius, Yogyakarta.
[6] http://www.innovativemobility.org/smart_parking/Smart_Parking.shtml. Innovative Mobility: Smart Parking Management: A Bay Area Rapid Transit (BART) District Parking Field Test and ResearchEvaluation (diakses pada 12 Oktober 2016).
Diterbitkan
2017-10-25
Abstrak viewed = 1049 times
PDF downloaded = 1026 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##