Peran Lembaga Keuangan Syari’ah Dalam Keberlangsungan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19

  • yuyun oktarina UIN Raden Intan lampung
  • Muhammad Iqbal Fasa
  • Suharto Suharto

Abstract

Akhir tahun 2019 dunia serentak dihebohkan oleh kemunculan sebuah virus baru yang diberi nama Coronavirus Disease (Covid-19). Virus yang menyerang sistem pernapasan pada manusia yang penularannya sangat cepat dan telah menyebar hampir keseluruh negara, tak terkecuali Indonesia. Tidak hanya kesehatan manusia yang terdampak, tetapi dari sektor perekonomian juga ikut merasakan dampak dari virus ini. Dampak terparah yaitu dirasakan oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).  Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di tengah pandemi Covid-19 serta bagaimana peran yang dapat dilakukan oleh lembaga keuangan syariah untuk membantu UMKM. Lembaga keuangan syariah disini salah satunya yaitu Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Baitul Maal Wat Tamwil sebagai lembaga keuangan syariah yang fungsinya menghimpun serta menyalurkan dana kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah demi mencapai kesejahteraan bersama.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan. Penelitian kepustakaan menggunakan jenis data sekunder yang bersumber dari hasil penelitian, artikel, dan karya ilmiah lainnya yang membahas topik-topik yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan UMKM pada masa pandemi memerlukan dukungan finansial. Untuk mendapatkan akses yang mudah dalam pembiayaan, UMKM harus selalu konsisten dan berkomitmen untuk menjaga kualitas produknya, kreatif dan inovatif, menggunakan teknologi digital, bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, dan mampu mengakses informasi secara selektif, serta berhati-hati dalam mengakses  pembiayaan. Sedangkan peran yang dapat dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil diantaranya yaitu memberikan bantuan modal usaha, menggunakan konsep qardhul hasan, memberikan kelonggaran kerjasama dengan akad mudharabah, dan pengembangan teknologi digital marketing.

 

Kata Kunci: Lembaga Keuangan Syariah, UMKM, Pandemi Covid-19, BMT

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
oktarina, yuyun, Fasa, M., & Suharto, S. (2021). Peran Lembaga Keuangan Syari’ah Dalam Keberlangsungan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Holistic Journal of Management Research, 6(2), 15-29. https://doi.org/10.33019/hjmr.v6i2.2729
Abstract viewed = 272 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 547 times