PERANAN AKUNTANSI DALAM AKUNTABILITAS DANA DESA DAN UMKM DI DESA AIR DUREN KECAMATAN PEMALI KABUPATEN BANGKA

  • Abu Nizarudin Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Abstract

Kegiatan KKN ini bertujuan untuk memberikan pendampingan akuntansi bagi keuangan desa, membantu desa dalam melakukan penyusunan Laporan Keuangan Desa, dan memberikan pemahaman pentingnya pembukuan atau akuntansi bagi UMKM.
KKN ini dilaksanakan di Desa Air Duren Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka dengan peserta 40 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi yang ada di Universitas Bangka Belitung mulai tanggal 27 Juli sampai dengan 2 September 2015.
Program kerja KKN yaitu: 1) Pembekalan kepada Mahasiswa dari Tim Ahli BPKP Perwakilan Bangka Belitung dan Dosen Pembimbing, 2) Melakukan sosialisasi UU Desa dari Tim Ahli BPKP, Mahasiswa KKN dan Dosen Pembimbing Lapangan KKN UBB, 3) Melakukan sosialisasi pentingnya pembukuan untuk UMKM, 4) Pendampingan penyusunan Akuntansi dan Keuangan Desa, dan pendampingan penyusunan Laporan Keuangan Desa.
Hasil dari kegiatan KKN ini adalah mahasiswa mampu melakukan transfer knowledge melalui program kerjanya sesuai dengan bidang ilmu masing-masing untuk membantu Penyusunan Laporan Keuangan Desa pelaku dapat memahami pentingnya akuntansi. Selanjutnya direkomendasikan agar rutin diadakannya pelatihan akuntansi bagi perangkat desa dan pelaku UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
Abstract viewed = 143 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 736 times