PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KECAMATAN LEPAR PONGOK DALAM PENGELOLAAN SAMPAH GUNA MENYONGSONG DESTINASI WISATA PULAU LEPAR

  • Irwan Dinata Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung

Abstrak

Sektor pariwisata sebagai suatu industri jasa merupakan salah satu bidang yang diharapkan dapat memberikan andil yang cukup besar dalam pembangunan daerah.
Kegiatan pariwisata ini bila dikelola dengan baik dapat menjadi salahsatu penyumbang pendapatan yang potensial dalam pertumbuhan ekonomi daerahmaupun nasional. Pariwisata bukan hanya sebagai sumber devisa tetapi juga dapatmemperluas kesempatan kerja yang ditimbulkan dari sejumlah keterlibatan sektor-sektor lain di dalamnya. Bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pariwisata adalah salah satu sektor yang dapat diandalkan untuk mengantisipasi era pasca pertambangan timah yang selama ini masih menjadi unggulan di Bangka Belitung, karena selain letaknya strategis, pariwisata juga memberikan multiplier effects yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.
Untuk membangun pulau wisata maka perlu dipersiapkan berbagai aspek. Salah satunya adalah kebersihan pulau tersebut.Sampah-sampah yang dihasilkan oleh masyarakat setempat dan lingkungan setempat hendaknya perlu dikelola dengan baik. Terlebih lagi jika sampah tersebut dapat memberi manfaat baik secara langsung ataupun tak langsung.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-08-15
Abstrak viewed = 13 times
pdf downloaded = 14 times