Pedoman Penulis - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBB

Artikel - Artikel yang akan dimuat dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung (UBB) harus mengikuti tata cara penulisan sebagai berikut :

  1. Judul artikel tidak melebihi 12 kata (dalam bahasa Indonesia)
  2. Abstrak terdiri dari satu paragraf (maks 250 kata), dibuat dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Sertakan pula kata kunci.
  3. Artikel yang ditulis untuk Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBB meliputi hasil pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup studi : Penerapan Teknologi Tepat guna, Edukasi dan Pendidikan, Teknik dan Kejuruan, Sosial, Bisnis dan Ekonomi, Bahasa, serta Budaya dan Kesenian. Originalitas artikel merupakan poin penting dalam penulisan jurnal ini. Artikel yang sudah pernah diterbitkan di media atau penerbitan lain (termasuk media online seperti blog) tidak akan dipertimbangkan untuk dipublikasikan.
  4. Naskah diketik emngikuti tempate Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBB dengan alamat link https://drive.google.com/file/d/1HUb42RYc1zyhdLBh2YIP3W8NG9Qu3Ved/view?usp=sharing
  5. Makalah sebaiknya dibuat dalam 6 sampai 20 halaman, tidak termasuk abstrak dan daftar Pustaka. Editor akan meminta penulis mengevaluasi kembali naskah jika makalah lebih dari 12 halaman.
  6. Berkas (file) dibuat dengan microsoft word.
  7. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel.
  8. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai.
  9. Sistematika artikel hasil penelitian adalah: Pendahuluan- Metode / Algoritma yang Diusulkan (opsional) - Metode - Hasil dan Diskusi – Kesimpulan
  10. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Link panduan membuat rujukan daftar pustaka ada sebagai berikut : https://drive.google.com/open?id=1CQK1AKvvgBZSDcl3zD2UkOJKBpwt9GcQ
  11. Semua naskah ditelaah secara anonym oleh mitra bebestari (reviewer) yang ditunjuk untuk penyunting menurut bidang kompetensinya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari atau penyunting.
  12. Kepastian pemuatan dan penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis atau melalui surat
  13. Semua artikel yang dikirim ke redaksi harus memenuhi pedoman penulisan ini. Artikel yang tidak memenuhi pedoman penulisan ini tidak akan dipertimbangkan untuk dipublikasikan.