ANALISIS RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN (STUDI KASUS: SIMP. TPU GABEK - SIMPANG TAMAN GEMEENTE GABEK)

  • Boy Dian Anugra Sandy
  • Irhamna Akbar
  • Arya Firmansyah
  • Isti Isti
  • Arisya Salsabila

Abstract

Area disekitar ruas Jalan Jendral Sudirman di Kota Pangkal Pinang merupakan area pusat pertokoan dan pedagang kaki lima. Dengan tipe jalan yang dimiliki adalah 4/2 D, ruas jalan jendral sudirman menjadi
salah satu daerah tarikan yang ada di Kota Pangkal Pinang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi volume kendaraan pada ruas jalan tersebut dan membandingkannya dengan kapasitas jalan yang ada,
sehingga dapat mengetahui Level Of Service dari ruas jalan tersebut. Mengambil titik ruas jalan yang akan diteliti mulai dari Simpang tiga Taman Gameente dan berakhir di Simpang empat TPU Gabek.
Analisis dilakukan dengan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) mengenai jalan perkotaan. Survey dilakukan secara manual untuk volume kendaraan dan kapasitas jalan. Waktu
pelaksanaan survey dimulai dari pagi hingga malam hari untuk mengetahui jam puncak dari volume kendaraan yang melalui daerah yang diteliti. Diperoleh hasil dari survey dan perhitungan menggunakan
Formulir MKJI untuk Jalan Jenderal Sudirman dari Simpang Taman Gameente hingga Simpang PT.Timah memiliki Level Of Service pada tingkat A.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Boy Dian Anugra Sandy

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung
Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Irhamna Akbar

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung
Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Arya Firmansyah

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung
Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Isti Isti

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung
Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Arisya Salsabila

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung
Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

References

Adji, Abdul Razak., 2014. Analisis Kinerja Ruas Jalan
Raja Eyato di Kota Gorontalo. Jurnal Peradaban
Sains, Rekayasa, dan Teknologi (RADIAL), 2(2),
hal. 174-180.
Boediningsih, W., 2011. Dampak Kepadatan Lalu
Lintas Terhadap Pencemaran Udara Kota Surabaya.
Jurnal Fakultas Hukum, 20(20), hal. 122-132.
Direktorat Jendral Bina Marga, 1997. Manual
Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktoat
Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum,
Jakarta.
Maryanto, D., dkk., 2019. Kajian Demand Bis Kota
Trayek F Terhadap Rencana Penerapan Trem
Koridor Utara-Selatan Kota Surabaya. E-jurnal
Spirit Pro Patria, 5(2), hal. 118-134.
Morlok, E. K., 1991. Pengantar Teknik Dan
Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2006.
Undang-undang No. 34 tentang Jalan. Direktur
Jenderal Perhubungan Darat: Jakarta.
Suwardi, 2010. Pengaruh Parkir Di Badan Jalan
Terhadap Lalu Lintas Di Ruas Jalan PurwosariGladag
Surakarta. Jurnal Teknik Sipil, 7(2), hal.
144-158.
Syaiful, Mudjanarko, S. W., 2019. Noise of Motor
Vehicles at from of Baiturrahman Great Mosque
Semarang City. The Spirit of Society Journal, 2(2),
hal.131-149.
Tamin, Ofyar Z., 2000. Perencanaan dan Pemodelan
Transportasi, Bandung: ITB.
Warpani, S., 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan,
Bandung: ITB.
Yunianta, A., 2006. Pengaruh Manuver Kendaraan
Parkir Badan Jalan terhadap Karakterisitik Arus
Lalu Lintas Di Jalan Diponegoro Yogyakarta.
Jurusan Teknik Sipil, Universitas Diponegoro.
Published
2021-12-24
Abstract viewed = 418 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 707 times