PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN STRATEGI MARKETING DI KOTAWARINGIN

  • Tiara Ramadhani
  • Michael Jeffri Sinabutar
  • Ryand Daddy Setiawan
  • Miftahul Ulum

Abstract

Adanya pandemi Covid 19 memberikan dampak bagi kehidupan dan penurunan ekonomi secara tidak
merata, seperti tingkat daya beli masyarakat menurun yang diakibatkan karena adanya pembatasan sosial
yang tidak memperkenankan masyarakat untuk saling berinteraksi, sehingga sangat mempengaruhi
pendapatan hasil penjualan terutama pada pemasaran yang masih menggunakan dan mengandalkan sistem
konvensional. Dalam hal ini diperlukan upaya alternatif untuk mengembalikan ekonomi secara stabil. Salah
satunya dengan sosialisasi dan pendampingan untuk melakukan pemasaran secara digital yang bersifat
online supaya lebih dikenal luas oleh masyarakat tanpa harus memasarkan secara langsung. Dalam kegiatan
sosialisasi dan pendampingan ini, Salah satu produk UMKM yang dikembangkan masyarakat Desa
Kotawaringin yang mayoritas pekerjanya perempuan adalah produk Matahari, atap daun nipah dan sirup
pedada. Selain itu, dalam memasarkan produk yang dihasilkan seperti produk matahari, sirup pedada, dan
atap daun nipah, pelaku UMKM harus melakukan pembuatan konten yang menyajikan informasi produk
dengan sistem pemasarannya melalui e-commerce/platform yang banyak digunakan oleh masyarakat
seperti google, facebook, instagram, dan sebagainya. Dalam mengembangkan suatu produk, pelaku
UMKM harus memperhatikan beberapa hal yang meliputi penyajian foto dan video produk, penggunaan
influencer, Adjustment / Hubungan / Ikatan pada pihak tertentu, serta testimoni dan review dari konsumen.
Penyajian informasi/promosi produk melalui foto dan video diharuskan menggunakan bahasa yang baik
serta media sosial yang digunakan khusus untuk memasarkan produk.

Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Pendampingan Kelompok, Pengembangan, Pemasaran & Manajemen Usaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswiyati, Indah. (2016). Peran Wanita dalam
Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga
Petani Tradisional Untuk Penanggulangan
Kemiskinan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat.
Jurnal Holistik Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu
Budaya Universitas Sam Ratulangi diakses melalui
ejournal.unsrat.ac.id.
http://kecpudingbesar.bangka.go.id/detail-berita/desakotawaringin-terbaik-se-puding-besar-calon-dutakabupaten-bangka
Mardikanto, Totok, Soebiato. 2013 Pemberdayaan
Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik.
Bandung : Alfabeta.
Nugroho, Rivo. 2017 Keberdayaan Perempuan Pasca
Pelatihan Mengolah Sampah bagi Kelompok
Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal
Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4 (2),
146-156 diakses melalui
http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm.
Pratama, Crisvi. 2013 Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Keberhasilan Pemberdayaan
Perempuan Desa Joho di Lereng Gunung Wilis.
Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 1 (1), 12-
19.
Satria, Arif. 2015 Pengantar Sosiologi Masyarakat
Pesisir . Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sulaiman, & Lestari, R. D. (2020). Analisis Strategi
Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan
Mie Ayam Bakso Podomoro. Jurnal Adminika,
6(Januari-Juni), 135–143.
Suryana, Sawa. 2010. Pemberdayaan Masyarakat.
Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Widjajanti, Kesi. (2010). Resource Based View dan
Pemberdayaan. Ekobis, 11(2), 527 – 540.
Theresia, Andini, Dkk. 2015. Pembangunan Berbasis
Masyarakat. Acuan bagi Praktisi, Akademisi, dan
Pemerhati Pengembangan Masyarakat. Bandung :
Alfabeta.
Wijaya, W., Yulianeu, Syaifuddin, T., & Wulan, H. S.
2017 Strategi Pengembangan Usaha CV Steba
Advertising Semarang dalam Meningkatkan
Pendapatan. Journal of Management : Jurnal Ilmiah
Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Pandanaran,
53(9), 1689–1699.
Published
2022-12-22
Abstract viewed = 229 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 198 times