EVALUASI KINERJA LALU LINTAS SEKITAR GERBANG TOL SIDOARJO

  • Amalia Firdaus Mawardi
  • Machsus Machsus
  • Syafira Khayam

Abstract

Gerbang Tol Sidoarjo memiliki Akses masuk-keluar dengan tingkat kemacetan Lalu lintas cukup tinggi khususnya pada jam puncak (peak hour) pagi, siang dan sore. Persimpangan sebidang dekat dengan akses masuk-keluar gerbang tol, sehingga membuat kondisi tidak teratur dan kurang terkendali. Permukiman, pusat perbelanjaan disekitar akses tersebut, juga menjadi penyebab. Permasalahan, Bagaimana kinerja lalu lintas eksisting disekitar gerbang TOL Sidoarjo saat ini serta 5 tahun mendatang. Diawali dengan pengumpulan data-data yaitu survey lapangan, geometric, arus lalu lintas, maupun data sekuder dari BAPPEDA dan Dinas Perhubungan Sidoarjo. Analisa pada kondisi eksisting (tahun 2017), dan untuk jangka waktu 5 tahun kedepan (tahun 2023) menggunakan metode MKJI 1977 dengan bantuan program KAJI. Hasil perhitungan kondisi eksisting pada segmen, simpang tidak bersinyal dan bundaran disekitar TOL Sidoarjo, bervariasi dan pada beberapa bagian telah mencapai LOS F. Perbaikan geometrik dan manajemen lalu lintas 5 tahun kedepan sangat diperlukan, didapatkan tingkat pelayanan menjadi lebih baik. Bundaran taman pinang puncak pagi dan sore tahun 2017-2019 adalah DS > 0,75 dengan LOS E, sedangkan puncak siang tahun 2017-2019 adalah LOS D. Untuk puncak pagi tahun 2020-2022 adalah LOS F sedangkan pada puncak siang dan sore mencapai LOS E. Tingkat pelayanan untuk bundaran TOL Sidoarjo pada puncak pagi, siang, sore pada tahun 2017-2019 adalah LOS C .Sedangkan Untuk puncak pagi tahun 2020 sudah mencapai LOS D dan untuk puncak siang dan sore tahun 2022 mencapai LOS D. Tingkat pelayanan untuk simpang tak bersinyal Kahuripan Nirwana pada pagi dan siang adalah LOS E, sedangkan puncak sore sudah mencapai F, dan untuk 5 tahun berikutnya LOS F. Tingkat pelayanan untuk segmen jalan raya jati dari tahun 2017-2022 mencapai LOS F.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-28
Abstract viewed = 493 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 318 times