KAJIAN PERBAIKAN MUTU KERIPIK TEMPE DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

  • Wendra Gandhatyasri Rohmah
  • Fathinah Rasyidah
  • Mas’ud Effendi
  • Panji Deoranto

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menentukan atribut pelanggan (whats) yang berpengaruh terhadap kualitas produk keripik tempe, dan menentukan atribut yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas produk keripik tempe. Penelitian didasarkan pada persepsi konsumen terhadap atribut produk keripik tempe UKM Putra Ridhlo dengan menggunakan 8 dimensi kualitas produk. Analisis masalah menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) sampai dengan fase II (fase part deployment). Voice of custumer (VoC) dalam penelitian ini berjumlah 18 atribut kebutuhan konsumen. Berdasarkan nilai CoSP dan Goal, diketahui bahwa terdapat 12 atribut produk keripik tempe UKM Putra Ridhlo bernilai lebih rendah dibandingkan produk pesaing, sehingga perlu diperbaiki kualitasnya. Strategi perbaikan produk yang dapat dilakukan perusahaan adalah berfokus pada respon teknis pengaturan komposisi bahan baku dan bahan pendukung (30,664) dengan mempertimbangkan jumlah takaran bahan baku dan bahan pendukung yang sesuai dengan komposisi yang telah di tetapkan oleh perusahaan. Part kritis yang menjadi prioritas utama adalah karakteristik bahan baku dan bahan pendukung (667,08) karakteristik yang harus diperhatikan mulai dari warna, tekstur, ukuran dan aroma.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-11
Abstract viewed = 570 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 1299 times