DIGITAL MARKETING STRATEGY OF KARIKSA KEBUNKU DURING THE COVID-19 PANDEMIC WITH A BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) APPROACH

STRATEGI DIGITAL MARKETING KARIKSA KEBUNKU DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

  • Doni Sahat Tua Manalu Sekolah Vokasi IPB University
  • Sapti Nurlatifah sekolah Vokasi IPB
  • Febrya Sarahsati sekolah Vokasi IPB

Abstract

Kariksa Kebunku adalah salah satu perusahaan dalam bidang budidaya bunga mawar potong yang terletak di Lembang Bandung Barat. Pada umumnya sebelum terjadi pandemi Covid-19 permintaan bunga mawar potong banyak digunakan pada acara-acara pernikahan, dekorasi, wisuda, hari valentine dan beberapa acara lainnya dan puncak dari tingginya permintaan bunga mawar di Kariksa Kebunku adalah bulan Februasi akan tetapi pada saat pandemi Covid-19 usaha bunga mawar di Kariksa Kebunku mengalami penurunan penjualan. Dengan demikian, Kariksa Kebunku perlu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi berupa digital marketing dengan merubah sistem pemasaran untuk melakukan promosi dan pemasaran bunga mawar potong dalam rangka menjangkau pasar yang lebih luas dimasa pandemi Covid-19. Salah satu metode analisis yang dapat digunakan untuk pengembangan bisnis adalah pendekatan Business Model Canvas (BMC).  Tujuan  penelitian menganalisis strategi digital marketing yang dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif pengembangan dan solusi terhadap permasalahan di Kariksa Kebunku pada masa pandemi Covid-19 dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Adapun metode pengumpulan data yaitu pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) karena Kariksa Kebunku adalah salah satu usaha yang bergerak dalam bidang tanaman mawar dan terdampak pandemi Covid-19. Data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder. Penentuan strategi pemasaran dilakukan dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian diperoleh berdasarkan sembilan elemen BMC yang terdiri dari customer segments, value proposition, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure yang terangkum dalam satu kanvas menunjukkan bahwa penerapan digital marketing mampu meningkatkan pendapatan yang memberikan keuntungan bagi Kariksa Kebunku pada masa pandemi Covid-19.

Keywords: Business Model Canvas, Digital Marketing, Bunga Mawar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

[BPS] Badan Pusat Statistik. (2021b). Data Inflasi Bulanan di Indonesia. bps.go.id., siap terbit. [diakses 2021 Mar 15]. https://www.bps.go.id/statictable/2009/ 06/15/907/indeks-harga-konsumen-dan-inflasi-bulanan-indonesia-2006-2021.html.

Bhatti, Anam, Hamza Akram, Hafiz Muhammad Basit, Ahmed Usman Khan, Syeda Mahwish, Raza Naqvi & Muhammad Bilal. (2020). “E-Commerce Trends during COVID-19 Pandemic”.International Journal of Future Generation Communication and Networking13 (2).

Chang, Hung-Hao & Chad D Meyerhoefer. (2020). COVID-19 and the Demand forOnline Food Shopping Services: EmpiricalEvidence from Taiwan.American Journalof Agricultural Economics103: 448–65.https://doi.org/10.1111/ajae.12170.

Dahlan, M. (2017). Peran pengabdian pada masyarakat dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). 81-86.

Gupta, Anubhab, Heng Zhu, Miki Khanh Doan, Aleksandr Michuda, & BinoyMajumder. 2020. Economic Impacts ofthe COVID−19 Lockdown in aRemittance-Dependent Region.Ameri-can Journal of Agricultural Economics103: 466–85. https://doi.org/10.1111/ajae.12178.

Kotler, P & Kevin Lane Keller. (2009) “Manajemen Pemasaran”. 13th ed. Jakarta: Erlangga

Kristiyanti, M & Rahmasari, L. (2015). Website sebagai media pemasaran produk-produk unggulan UMKM di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(2). 186-196.

Liverpool-Tasie, Lenis Saweda, ThomasReardon, & Ben Belton. (2020). “EssentialNon-Essentials”: COVID-19PolicyMis-steps in Nigeria Rooted in Persistent Mythsabout African Food Supply Chains.AppliedEconomic Perspectives and Policy43:205–24. doi.org/10.1002/aepp.13139.

Mahajan, Kanika, & Shekhar Tomar. (2021). COVID-19 and Supply Chain Disruption:Evidence from Food Markets in India.American Journal of Agricultural Eco-nomics103(1): 35–52. https://doi.org/10.1111/ajae.12158.

Mueller, Valerie, Glenn Sheriff, CorinnaKeeler, & Megan Jehn. (2020). COVID-19 Policy Modeling in Sub-Saha-ran Africa.Applied Economic Perspec-tives and Policy43: 24–38. doi.org/10.1002/aepp.1307.

Osterwalder, A & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation : A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challangers. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Ryan, D., & Jones, C. (2009). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies For Engaging The Digital Generation. Philadelphia: Kogan Page.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schnitkey, Gary D, Nicholas D Paulson, Scott HIrwin, Jonathan Coppess, Bruce J Sherrick,Krista J Swanson, Carl R Zulauf, and ToddHubbs. (2020). Coronavirus Impacts on Mid-western Row-Crop Agriculture.AppliedEconomic Perspectives and Policy43:280–91. doi.org/10.1002/aepp.13095.

Varshney, Deepak, Anjani Kumar, Ashok KMishra, Shahidur Rashid & Pramod KJoshi. (2021). COVID-19, GovernmentTransfer Payments, and Investment Deci-sions in Farming Business: Evidence fromNorthern India.Applied Economic Per-spectives and Policy43: 248–69. https://doi.org/10.1002/aepp.13144.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis IV, (pp. 327-337).

Published
2022-05-30
How to Cite
Manalu, D., Nurlatifah, S. and Sarahsati, F. (2022) “DIGITAL MARKETING STRATEGY OF KARIKSA KEBUNKU DURING THE COVID-19 PANDEMIC WITH A BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) APPROACH”, Journal of Integrated Agribusiness, 4(1), pp. 1-19. doi: 10.33019/jia.v4i1.2851.
Abstract viewed = 748 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 753 times

Most read articles by the same author(s)