REKAYASA MODEL PERALATAN PRAKTIKUM TURBIN PELTON DENGAN TYPE SUDU SETENGAH SILINDER
Abstract
Abstrak
Dalam usaha mengembangkan pembelajaran maka antara teori yang diajarkan harus selalu mengikuti perkembangan IPTEKS. Pelaksanaan pembelajaran di bidang teknik sebenarnya tidak bisa hanya melalui teori di dalam kelas. Oleh karena itu pembelajaran yang baik di bidang keteknikan adalah menambah pembelajaran berbasis laboratorium dengan meningkatkan sarana dan prasarana peralatan laboratorium, salah satunya adalah peralatan praktikum mekanika fluida. Permasalahan saat ini bahwa terutama Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin belum memliki peralatan praktikum mekanika fluida terutama untuk pengujian prestasi turbin pelton. Penelitian ini bertujuan merekayasa model peralatan praktikum mekanika fluida yaitu peralatan praktikum pengujian prestasi turbin pelton di laboratorium Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak. Metode yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui design eksperimen murni, dengan empat tahapan, dimana tahapan pertama diawali dari penyiapan bahan baku dan peralatan penunjang. Tahapan kedua merekayasa/merancang peralatan praktikum pengujian prestasi turbin pelton ini di laboratorium dengan menggunakan sudu setengah silinder. Tahapan ketiga melakukan pengujian peralatan hasil dari tahapan dua. Dan terakhir penggunaan peralatan tersebut untuk praktikum.Dari hasil pengujian dengan menggunakan debit yang sama yaitu 0.126 liter/detik dan bukaan katub yang berbeda ¾, ½, dan ¼ diperoleh bahwa alat uji turbin pelton ini rata-rata menghasilkan efisiensi 72,5%.
Downloads
References
[2] Blankenbaker E Keith. 1992. Modern Plumbing. Illiois, South Holland. The Goodheart-Willcox Company,Inc.
[3] Bruner, J.S. 1966. Toward a Theoryof Instruction. New York: Norton
[4] Mc.Guinness J. William, Stein Benjamin. 1979. Mechanical and Electrical Equipment for Buildings. New York. John Willey and Sons,Inc.
[5] MunsonBruce R. 2002. Fundamental of Fluid Mechanics, John Wiley & Sons, Inc, United States of America
[6] Santyasa, I W. 2005.Model Pembelajaran Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Makalah disampaikan Dalam Penataran Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK se Kabupaten JembranaJuni – Juli 2005, di Jembrana Bali
[7] Sularso, Haruo Tahara. 1987. Pompa dan Kompresor. Jakarta, PT Pradnya Paramita.
[8] Suparman, Atwi. 1993. Desain Intruksional. Jakarta: PAU untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti
[9] Suryanto,Heru.2007. Pengembangan Alat Uji Puntiran Sebagai Media Belajar Untuk Pokok Bahasan Puntiran Dalam Matakuliah Mekanika Teknik, Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang
[10] Tyler G.Hicks, T.W.Edwards, Zulkifli Harahap. 1996. Teknologi Pemakaian Pompa. Jakarta, Penerbit Erlangga.
[11] Winataputra, Udin S. 1993. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka
[12] Wibowo Paryatmo,2007, Turbin Air, Edisi Kedua,Yogyakarta Penerbit Graha Ilmu
The paper presented is assumed not to contain proprietary materials that are not protected by patents or patent applications. Responsibility for technical content and for protection from proprietary materials is the responsibility of the author and their organization and not the responsibility of the machine or its editorial staff. The primary author (first / appropriate) is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. It is the responsibility of the author to obtain all copyright release permits required for the use of any copyrighted material in the manuscript before submission.