PENGARUH JARAK SEL BUKAAN BALOK TERHADAP KEKUATAN MATERIAL DAN KARAKTERISTIK GETARAN

  • Sunardi Sunardi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Erny Listijorini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhamad Sahroni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Abstrak

Balok banyak digunakan dalam aplikasi struktur baik mekanikal maupun sipil. Dalam prakteknya balok yang digunakan di lapangan tidaklah homogen, sehingga akan menyebabkan terjadinya konsentrasi tegangan pada bagian-bagian tertentu. Dampak lanjutannya adalah terjadi perubahan kekuatan, kekakuan dan respon getaran ketika balok memperoleh eksitasi dari luar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 metode, yaitu eksperimen dan FEM. Karakteristik balok yang dipelajari adalah defleksi, tegangan, frekuensi dan konstanta redaman. Pada penelitian ini digunakan aluminum AL 6063 yang diberikan sel berbentuk lingkaran, persegi dan belah ketupat. Jarak antar sel masing-masing 40mm dan 60mm. Dari hasil pengujian diperoleh nilai defleksi dan tegangan terkecil terjadi pada balok dengan sel berbentuk lingkaran. Semakin jauh jarak antar sel maka tegangan, defleksi, frekuensi dan konstanta redamannya juga semakin kecil

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. Woo and W.B. Na. Effect of Cutout Orientation on Stress Concentration of Perforated Plates with Various Cutouts and Bluntness, International Journal of Ocean System Engineering 1(2), pp. 95-101, (2011).
[2] N.K. Jain. Analysis of Stress Concentration and Deflection in Isotropic and Orthotropic Rectangular Plates with Central Circular Hole under Transverse Static Loading. World Academy of Science, Engineering and Technology 36, pp. 446-452, (2009).
[3] Arshadnejad S., Goshtasbi K., dan Aghazadeh J. Stress Concentration Analysis Between Two Neighboring Circular Holes Under Internal Pressure of a Non-Explosive Expansion Material. Yerbililemri 30(3), pp. 259-270 (2009).
[4] N.G. Tsouvalis and M.J. Kollarini. Experimental Investigation of Strain Concentrations Caused by Inserts in Sandwich Beams. Journal Compilation 44, pp. 317-326, (2008).
[5] The Aluminum Association, Aluminum for Automotive Body Sheet Panels, (1998).
Published
2016-07-01
How to Cite
Sunardi, S., Listijorini, E., & Sahroni, M. (2016). PENGARUH JARAK SEL BUKAAN BALOK TERHADAP KEKUATAN MATERIAL DAN KARAKTERISTIK GETARAN. Machine : Jurnal Teknik Mesin, 2(2), 6-10. Retrieved from https://journal.ubb.ac.id/machine/article/view/478
Abstract viewed = 844 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 641 times