KONSEP ETNOMATEMATIKA GEOMETRI DALAM PERMAINAN TRADISIONAL CAKLINGKING KHAS BANGKA BELITUNG
Abstract
Caklingking merupakan permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak untuk mengisi waktu senggang di sore hari.. Permainan tradisional ini memiliki nilai-nilai tertentu bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.. Jika dilihat dari bentuknya, permainan ini memiliki hubungan erat dengan matematika terutama dari segi geometri, karena bentuk bidang datar tersebut dikenal sebagai bangun datar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk melihat konsep geometri yang terdapat dalam permainan tradisional caklingking dan memberikan pemahaman mengenai pembelajaran matematika melalui pendidikan dan kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan sebagai sumber data langsung. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pembelajaran matematika pada permainan caklingking. Terdapat unsur matematikanya berupa geometri datar dan terdapat pada tiap-tiap petakan yang dibuat. Geometri datar yang ada pada permainan tersebut adalah terdapat enam bangun datar seperti, persegi, persegi panjang, trapesium sama kaki, trapesium siku-siku, segitiga sama sisi dan segitiga siku-siku.
Downloads
References
Gunawan, S., 2019. Kajian Etnomatematika Terhadap Permainan Tradisional Di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Prosiding Sendika, 5, pp. 460.
Risdiyanti, P., 2018. Etnomatemataika : Eksplorasi Dalam Permainan Tradisional Jawa, Journal of Medives, 2, pp. 2-3.
Soyusiawaty , U.M., 2007. Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Berbasis Web, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 16 Juni, pp. 17.
Utami, K. O. M., 2018. Engklek Geometri : Upaya Pelestarian Permainan Tradisional Melalui Proses Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), pp. 12-13.
Yuliana, 2016. Analisis Dampak Pertambangan Timah Rakyat Terhadap Bencana Banjir. Jurnal Prodi Manajemen Bencana, 3, pp. 2.
Raharjo, M., & Madya, W., 2009. Geometri Ruang. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Rahayu, C., Somakim, & Hartono, Y., 2018. Matematika Dalam Budaya Pagaralam. Wacana Akademia, 2, pp. 18.
Wahyuno, E., & Maulana, A., 2009. Rumus Pintar Matematika SD.
Proceedings of SNPPM FT UBB is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.