PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG
Abstract
Mahasiswa merupakan aset utama yang terpenting dalam sebuah universitas. Dimasa pandemi covid-19 ini, adanya keputusan pemerintah yang mengharuskan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara daring. Sehingga dalam pelaksanaan kuliah daring, mahasiswa diharuskan menggunakan berbagai media pembelajaran daring yang tentunya disesuaikan dengan mata kuliah yang diikuti. Adapun penggunaan media pembelajaran daring, misalnya: google classroom, whatsapp group, video tutorial, video conference, atau media lainnya yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran daring yang lebih efisien terhadap peningkatan pemahaman belajar mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Selain itu, penelitian ini bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi pengajar dalam pemilihan penggunaan media pembelajaran yang bisa dipahami oleh mahasiswa selama pembelajaran dimasa pandemi saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Variabel analisis regresi linier berganda yang digunakan adalah variabel bebas (X1, X2, X3, dan X4) yaitu media pembelajaran daring sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman belajar mahasiswa (Y). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara media pembelajaran daring terhadap tingkat pemahaman belajar Mahasiswa Universitas Bangka Belitung secara signifikan sebesar 67,6%. Namun, mahasiswa cenderung lebih paham jika proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran whatsapp group dibandingkan dengan media pembelajaran daring lainnya. Semakin banyak informasi perkuliahan yang mahasiswa dapatkan melalui media pembelajaran whatsapp group maka pemahaman belajar mahasiswa cenderung meningkat.
Downloads
References
Bibi, S., 2015. Efektivitas Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5, pp. 75.
Hatmawan, A. A., Riyanto, & Slamet, 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Penerbit Deepublish: Yogyakarta.
Janie, D. N. A., 2012. Statistika Deskriptif & Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang:Semarang University Press.
Katemba, P. & Djoh, R. K., 2017. Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linier. Jurnal Ilmiah FLASH, 3(1), pp. 47.
Mona, M. G., 2015. Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa Studi Kasus: Petani Kelapa di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud. JdC., 4(2).
Nana, S., 2010. Evaluasi proses dan hasil pembelajaran, p. 24.
Permatasari, A. I., 2015. Pemodelan Regresi Linear Dalam Konsumsi KWH Listrik Di Kota Batu Menggunakan Algoritma Genetika. Malang: Universitas Brawijaya.
Pranyoto, Y. H., 2020. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Sekolah Tinggi Khatolik Santo Yakobus Merauke. Jurnal Jumpa, 8(1), pp. 31.
Sudaryono (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha.
Yuhdi, A. & Amalia, N., 2017. Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan PortalSchoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, pp. 14.
Proceedings of SNPPM FT UBB is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.