KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HIRARC PADA TAMBANG ALLUVIAL PT MENARA CIPTA MULIA

  • Asnan Asnan
  • Janiar Pitulima
  • Guskarnali Guskarnali

Abstract

Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi no 555.K/26/M.PE/1995 pasal 5(1). Menyatakan bahwa pemimpin perusahaan atau siapapun yang bertanggung jawab atas beroperasinya kegiatan pertambangan harus mampu menciptakan suasana kerja yang sehat dan menjalankan prosedur keselamatan sesuai ketentuan. Penyebab kecelakaan kerja di tambang alluvial PT.Menara Cipta Mulia disebabkan langsung oleh tindakan tidak aman (unsafe act) dan kondisi tidak aman (unsafe condition) sehingga menyebabkan terhentinya kegiatan terhadap manusia dan alat. Metode penelitian meliputi dokumen keselamatan pertambangan, observasi area kerja, wawancara dan konsultasi aspek penerapan keselamatan terhadap HSE perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bahaya yang dapat terjadi pada aktivitas rutin atau non rutin di perusahaan yang akan dinilai risiko dengan tabel risk assessment matrix, dari bahaya tersebut di tentukan program pengendalian untuk meminimalisasi tingkat risiko dengan tujuan mencegah terjadinya kecelakaan. Data dilakukan dengan scoring JSA tahapan-tahapan pekerjaan untuk menganalisa seberapa besar tingkat risiko dan presentase
berdasarkan jenis risiko. Hasil penelitian stock wash diperoleh tingkat risiko medium risk 75% dan high risk 25%, prepare tingkat risiko medium risk 67% dan high risk 33%, menghidupkan mesin pompa tanah tingkat risiko medium risk 100%, menghidupkan mesin pompa air tingkat risiko medium risk 50% dan low risk 50%, penyemprotan yaitu tingkat risiko medium risk 50% dan high risk 50%, pengawasan kapu-kapu tingkat risiko low risk 25%, medium risk 50% dan high risk 25 %, pencucian tingkat risiko low risk 20% medium risk 60%, dan high risk 20%. Tingkat persentase risiko high risk memiliki nilai 17,29%, tingkat risiko medium risk memiliki nilai 66,29%, tingkat risiko medium risk memiliki nilai 14,41%.

Keywords: Risiko, High, Medium, Low, Identifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asnan Asnan

Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Janiar Pitulima

Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Guskarnali Guskarnali

Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

References

AS/NZS 4360, 1999. Analisis Penilaian Tingkat Risiko Pada Aktivitas Penambangan. Risk Assessment Matrix.
Agusliadi. 1990. Kecelakaan-kecelakaan Kerja Pada Perusahaan. Jakarta.
Geigle., dan Steven. 2002. OSHAcademy Course 706 Study Guide Conducting a Job Hazard Analysis. Geigle Communications: Oregon
Hazyiyah, G., dan Erwin, D.N. 2014. Identifikasi Bahaya Penilian Risiko dan Pengendalian Risiko Pada Proses Blasting Di PT Cibaliung Sumberdaya. Skripsi. Univeristas Airlangga. Banten.
Hernawati, E. 2008. Faktor-Faktor Yang berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan kerja Berdasarkan Karakteristik Pekerja Dan Unit kerja Di Area Pertambangan PT. Antam Tbk Ubpe Pongkor Bogor Jawa Barat Tahun 2006-2007. Jakarta
ILO. 2009. Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Tempat Kerja. Jakarta. No.ISBN 978-92-2-822012-4.
Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi, No.555K/26/M.PE/1995 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum.
OHSAS 18001:2007. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Persyaratan
Pabian, D. 2000. Kecelakaan Kerja. Kupang. Jurnal Mitra Tahunan. XII Nomor 3.
Ramli, S. 2010. Pedoman Praktis Manajamen Resiko Dalam Prespektif K3 OHS Risk Manajemen. Jakarta. Jurnal Dian Agung.
Rausand., dan Marvin. 2005. Job Safety Analysis. Norwegian : Department of Production and Quality Engineering Norwegian University of Science and Technology
Rima, A., Azwa, N., dan Fitriani, M. 2014. Identifikasi Bahaya dan Risiko Menggunakan Metode HIRAC. Jurnal. Universitas Tanjungpura Pontianak. PT Aneka Tambang Tbk.
Sidarto, M., dan Baharuddin. 1995. Stratigrafi Pulau Belitung dan Pulau-Pulau Kecil di Sekitarnya.
Sindhuwati, C., Hardjono., dan Ayu, M, R. 2021. Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko Pada Stasiun Boiler Di PT X Lumajang. Jurnal. Politeknik Negeri Malang.
Silalahi, B., dan Rumondang. 1991. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta. PT Pustaka Binaman Presindo.
Socrates, F.M. 2013. Analisis Risiko Keselamatan Kerja dengan Metode HIRARC Pada Alat Suspension Preheter Bagian Produksi di Plant 6 dan 11 dan Field Citeureup PT Indocement Tunggal Prakarsa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Suma’mur, P.K. 1988. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. PT Toko Gunung Agung. Jakarta.
Surya, A. 2018. Manajemen Risiko K3 Menggunakan Pendekatan JSA dan HIRARC Guna Meminimalisir Potensi Hazard Studi kasus PT Alam Lestaru Unggul. Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Tresnaningsih, E. 1991. Pelayanan Kesehatan. Jakarta. Toko Gunung Agung.
Undang-Undang RI:1970. Keselamatan dan Kesehatan. Undang-Undang K3 pasal 3 ayat 1.1970.
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 243 times
pdf downloaded = 91 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>