KAJIAN TEKNIS PENGOLAHAN TIMAH PRIMER MENGGUNAKAN SHAKING TABLE UNTUK PENINGKATAN KADAR DAN RECOVERY SN TB PRIMER BATU BESI KABUPATEN BELITUNG TIMUR

  • Seldi Herdiansyah
  • Irvani Irvani
  • Guskarnali Guskarnali

Abstract

Tambang Besar Primer Batu Besi PT Timah Tbk melakukan penambangan dan pengolahan timah primer endapan oxide clay, Skarn dan greisen di Kabupaten Belitung Timur. Proses pencucian menggunakan metode gravity concentration dengan alat shaking table yang dilakukan 2 tahap yaitu primary dan secondary. Penelitian ini dilatarbelelakangi belum adanya standar baku pengoperasian shaking table dan masih menggunakan trial and error. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar Sn dan mineral penyusun feed serta menganalisis variasi pengaturan shaking table agar diperoleh kadar dan recovery Sn yang optimal. Penelitian ini menggunakan feed tipe oxide clay. Data primer yang digunakan yaitu berat output konsentrat, middling dan tailing. Berat feed yang digunakan setiap pengujian yakni 300 kg. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan variabel kemiringan pada alat primary dan secondary shaking table (1,3°, 1,5° 1,7°) dan variasi panjang pukulan (14 mm, 16 mm, 18 mm). Feed yang digunakan pada primary shaking table yaitu fresh feed dan pada secondary shaking table yaitu middling primary shaking table. Sampel feed dan produk shaking table dilakukan uji XRF dan XRD untuk mengetahui kadar unsur dan komposisi mineral. Analisa XRF menunjukkkan kadar Sn pada feed yaitu 0,31%. Komposisi mineral penyusun feed berdasarkan uji XRD yaitu cassiterite, hematite, magnetite, shadlunite, geothite, shandite, quartz dan fluorite. kombinasi variabel yang optimal untuk primary shaking table yaitu kemiringan 1,5° dan panjang pukulan 16 mm menghasikan kadar Sn 8,302% dan recovery 25,16%. Pada secondary shaking table kombinasi variabel yang optimal yaitu kemiringan 1,7° dan panjang pukulan 14 mm menghasikan kadar Sn 10,59% dan recovery 30,64%. 

Keywords: oxide clay, shaking table. variabel operasi, kadar dan recovery

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Seldi Herdiansyah

Jurusan Teknik Pertambangan, Universitas Bangka Belitung

Irvani Irvani

Jurusan Teknik Pertambangan, Universitas Bangka Belitung

Guskarnali Guskarnali

Jurusan Teknik Pertambangan, Universitas Bangka Belitung

References

Baharuddin, S., (1995). Peta Geologi Lembar Belitung, Sumatera: Pusat Penelitian dan pengembangan Geologi.
Burt, R.O., (1984). Gravity Concentration Technology. New York: Elsivier.
Curie, J.M., (1994). Unit Operations of Mineral Processing, British Columbia Institute of Technology, Bumaby.
Danisworo., (1994). Sifat-sifat Fisik Mineral Penuntun Praktikum Kristolografi dan Mineralogi. Yogyakarta: Universitas Padjajaran.
Fauzan, D., (2019). Pengaruh variabel Shaking Table Terhadap kadan dan Recovery Pencucian Bijih Timah Primer PT Menara Cipta Mulia. Jurnal Mineral. Volume III ISSN: 2540 – 7708.
Gaudin, A.M., (1939). Principles of Mineral Dressing. New York: McGraw Hill Book Company.
Hakim, L., Dirgantara, M., dan Nawir, M., (2019). Karakterisasi Struktur Material Pasir Bongkahan Galian Golongan C dengan Menggunakan X-Ray Difraction (XRD) di Kota Palangkaraya. Jurnal Jejaring Matematika dan Sains. Volume 1, Nomor 1: 44 – 51
Hakim, L., (1997). Studi Pemodelan Matematika Sederhana Operasi Meja Goyang Merk Denver Model No. 15-5 Concenco Rougher Menggunakan metode Least squares. Bandung: Teknik Pertambangan ITB.
Kelly, G., dan Spottiswood, D.J., (1982). Introduction to Mineral Processing. New York: John Willey & Sons.
Mulyono, Sukadi, Sihono, Rosidi dan Irianto., (2012). Kalibrasi Tenaga dan Standar menggunakan Alat X-Ray Fluoresence (XRF) untuk Analisis Unsur Zirkonium Dalam Mineral. Prosiding Seminar Penelitian dan Pengelolaan Perangkat Nuklir. ISSN: 1410 – 8178.
Munasir, Triwikantoro, Zainuri, M. dan Darminto., (2012). Uji XRD dan XRF pada Bahan Mineral (Batuan dan Pasir) sebagai Sumber Material Cerdas (CaCo3 Dan SiO2). Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. Volume 2, Nomor 1, ISSN: 2087-9946.
Ngadenin, N., Indrastomo, F.D., Karunianto, A.J., dan Rakhma, E., (2017). Geologi dan Identifikasi Cebakan Bijih di Daerah Batu Besi Belitung Timur. Jurnal Eksplorium Volume 38 Nomor 1. ISSN 0854-1418.
Richma, A., (2013). Manual Book Dasar Teori Bahan Galian. Jawa Barat: Institut Teknologi Bandung.Wibowo, A.P., (2018). Fisibility Study Tambang Batu Besi Belitung Timur, Bandung: Lapi ITB.
Setiabudi, A., Hardian, R. dan Mudzakir, A., (2012). Karakterisasi Material: Prinsip dan Aplikasinya dalam Penelitian Kimia. UPI PRESS.
Taggart, A. F., (1976). Handbook of Mineral Dressing Ores and Industrial Minerals. Toronto: New York. Chicester. Brisbane.
Wills, B.A., (2016). Will’s Mineral Processing Technology (8th ed.). Waltham: Elsevier Ltd.
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 474 times
pdf downloaded = 52 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>