PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI PADA MTS DAN MA SABILUL MUHTADIN DESA JADA BAHRIN KABUPATEN BANGKA

  • Ririn Amelia
  • Desy Yuliana Dalimunthe
  • Baiq Desy Aniska Prayanti
  • Izma Fahria
  • Elyas Kustiawan
  • Ineu Sulistiana
  • Adriyansyah Adriyansyah

Abstract

MTs dan MA Sabilul Muhtadin Desa Jada Bahrin Kabupaten Bangka telah berdiri lebih dari 10 (sepuluh) tahun. Namun, saat ini hanya memiliki guru matematika berjumlah 4 (orang). Keempat guru matematika tersebut pun bukan berlatarbelakang dari pendidikan di bidang matematika. Ada yang berlatar belakang guru sains hingga guru agama. Karena berada dalam satu wilayah, terkadang guru MA pun diperbantukan untuk mengajar di MTs Sabilul Muhtadin begitu juga sebaliknya. Keterbatasan akses dan informasi membuat guru-guru matematika ini hanya mengajarkan pembelajaran matematika secara tradisional. Untuk itu, tim pengabdian merancang program pengabdian untuk memberdayakan guru MTs dan MA Sabilul Muhtadin dalam pengembangan pembelajaran matematika berbasis literasi teknologi guna menunjang budaya guru pembelajar. Berdasarkan hasil evaluasi, diperoleh bahwa 98% guru-guru setuju bahwa pengembangan pembelajaran matematika diperlukan oleh MTs dan MA Sabilul Muhtadin. Keaktifan, sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta masing-masing mengalami kenaikan lebih dari 15% setelah program pengabdian terselesaikan. Artinya, pelaksanaan program pengabdian ini berpengaruh terhadap peningkatan sumber daya manusia di MTs dan MA Sabilul Muhtadin. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika secara maksimal.

Keywords: pembelajaran matematika, literasi teknologi, Sabilul Muhtadin, Jada Bahrin

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ririn Amelia

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Desy Yuliana Dalimunthe

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Baiq Desy Aniska Prayanti

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Izma Fahria

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Elyas Kustiawan

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Ineu Sulistiana

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Adriyansyah Adriyansyah

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

References

Jupri, A., 2018. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Nasution, S.H., 2018. Pentingnya Literasi Teknologi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. [online] Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika VOLUME, Available at: .
Prastowo, A., 2020. Profil Guru Pembelajar Di Indonesia Dalam Merespon Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(2), pp.88–105. https://doi.org/10.18860/mad.v12i2.9061.
R. Soedjadi, 2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia, 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.
Wanojaleni, K., 2016. Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran. Jurnal AT-THARIQ, [online] 12(1), pp.122–140. Available at: .
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 314 times
pdf downloaded = 37 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>