PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI PADA MTS DAN MA SABILUL MUHTADIN DESA JADA BAHRIN KABUPATEN BANGKA
Abstract
MTs dan MA Sabilul Muhtadin Desa Jada Bahrin Kabupaten Bangka telah berdiri lebih dari 10 (sepuluh) tahun. Namun, saat ini hanya memiliki guru matematika berjumlah 4 (orang). Keempat guru matematika tersebut pun bukan berlatarbelakang dari pendidikan di bidang matematika. Ada yang berlatar belakang guru sains hingga guru agama. Karena berada dalam satu wilayah, terkadang guru MA pun diperbantukan untuk mengajar di MTs Sabilul Muhtadin begitu juga sebaliknya. Keterbatasan akses dan informasi membuat guru-guru matematika ini hanya mengajarkan pembelajaran matematika secara tradisional. Untuk itu, tim pengabdian merancang program pengabdian untuk memberdayakan guru MTs dan MA Sabilul Muhtadin dalam pengembangan pembelajaran matematika berbasis literasi teknologi guna menunjang budaya guru pembelajar. Berdasarkan hasil evaluasi, diperoleh bahwa 98% guru-guru setuju bahwa pengembangan pembelajaran matematika diperlukan oleh MTs dan MA Sabilul Muhtadin. Keaktifan, sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta masing-masing mengalami kenaikan lebih dari 15% setelah program pengabdian terselesaikan. Artinya, pelaksanaan program pengabdian ini berpengaruh terhadap peningkatan sumber daya manusia di MTs dan MA Sabilul Muhtadin. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika secara maksimal.
Downloads
References
Nasution, S.H., 2018. Pentingnya Literasi Teknologi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. [online] Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika VOLUME, Available at:
Prastowo, A., 2020. Profil Guru Pembelajar Di Indonesia Dalam Merespon Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(2), pp.88–105. https://doi.org/10.18860/mad.v12i2.9061.
R. Soedjadi, 2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia, 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.
Wanojaleni, K., 2016. Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran. Jurnal AT-THARIQ, [online] 12(1), pp.122–140. Available at:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Proceedings of SNPPM FT UBB is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.