PENGENALAN DALAM PENERAPAN PENCETAK KERTAS DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBUATAN KERTAS DARI LIMBAH DAUN SERAI WANGI

  • Adisyahputra Adisyahputra
  • Robby Gus Mahardika
  • Guskarnali Guskarnali
  • Edwin Harsiga

Abstract

PT. Aroma Wangi Pangkalpinang merupakan perusahaan yang melakukan penyulingan untuk menghasilkan minyak atsiri yang menghasilkan sekitar dua ton daun basah serai wangi yang diambil di Desa Jada Bahrain. Namun, setelah dilakukan penyulingan, limbah daun basah tersebut hanya dibiarkan saja. Terkadang dibawa kembali oleh petani dan dibuang kedalam hutan atau ditumpuk dipinggir lahan produksi serai wangi hingga mengering. Pihak perusahaan dan petani pernah memikirkan untuk mengolah limbah daun serai wangi tersebut tersebut menjadi sesuatu yang berguna seperti pakan ternak. Berdasarkan hal tersebutlah, pengabdian dilakukan di Desa Jada Bahrin melalui sosialisasi dan pembuatan kertas dari limbah daun serai wangi.

Keywords: Penyulingan, Kertas, Limbah Daun Serai Wangi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Adisyahputra Adisyahputra

Jurusan Kimia Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung

Robby Gus Mahardika

Jurusan Kimia Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung

Guskarnali Guskarnali

Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung

Edwin Harsiga

Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung

References

A’yun, Qurrotul,. Hermana, Budi,. dan Kalsum, Ummu,. 2020. Analisis Rendemen Minyak Atsiri Serai Wangi (Cymbopogon nardus (L.) Pada Beberapa Varietas. Jurnal Pertanian Presisi, Vol. 4, No. 2.
Aylianawati, I. (2013). Pembuatan Pulp Dari AlangAlanG. Widya Teknik, 10(1), 11-20. doi:https://doi.org/10.33508/wt.v10i1.156
Badan Pusat Statistik, 2021. Kecamatan Merawang dalam Angka 2021. Kabupaten Bangka.
Nurtjahya, Eddy., Santi, Ratna., dan Inonu, Ismed., 2020. Lahan Bekas Tambang Timah dan Pemanfaatannya. PT. Kanisius, Yogyakarta.
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 340 times
pdf downloaded = 62 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>