EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PENDAFTARAN NOMOR INDUK BERUSAHA BAGI PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI DESA TUMBAK PETAR GUNA PERLINDUNGAN LEGALITAS USAHA

  • Bunga Permatasari
  • Winanda Kusuma
  • Ave Agave Cristina Situmorang
  • Fahmi Rizal

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan pendampingan bagi masyarakat pelaku usaha Mikro dan Kecil dalam urgensi pendaftaran Nomor Induk Berusaha dan mekanisme pembuatan Nomor Induk Berusaha melalui Online Single Submission di desa Tumbak Petar Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Metode yang dilakukan dalam pemberian edukasi dan pendampingan dilaksanakan dalam beberapa tiga tahapan. Tahap pertama persiapan yang digunakan untuk berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa dalam rangka pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pendampingan pendaftaran. Tahap kedua, pelaksanaan dengan sosialisasi dan pendampingan pendaftaran Nomor Induk Berusaha. Tahap ketiga, Evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini para pelaku usaha Mikro dan Kecil memahami urgensi Pendaftaran Nomor Induk Berusaha dan menghasilkan dokumen Nomor Induk berusaha untuk legalitas usaha yang telah dimiliki. 

Keywords: Edukasi, Pendampingan, Pendaftaran, Nomor Induk Berusaha

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bunga Permatasari

Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung

Winanda Kusuma

Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung

Ave Agave Cristina Situmorang

Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung

Fahmi Rizal

Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

References

Diana, L. et al. (2022) ‘Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Untuk Kesadaran Legalitas Usaha Bagi Umkm Kelurahan Dukuh Sutorejo’, Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(02), pp. 81–88.
Halim, A. (2020) ‘Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), pp. 157–158.
Hapsari, C. M. (2022) ‘Penyuluhan dan Simulasi Dalam Proses Pembuatan Nomor Induk Berusaha Bagi Kelompok Tani Anugerah Guwosari’, HIKMAYO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(20), pp. 49–56.
Nirwandi, D. (2023) UMKM di Babel Terus Tumbuh, 2022 Sebanyak 189.513 Unit, rri.co.id.
PEREKONOMIAN, K. K. B. and INDONESIA, R. (2022) ‘Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah’. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA.
Saleh, M. (2015) ‘Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Sektor UMKM’, Muamalah, V(2), pp. 170–177.
Supriyanto (2006) ‘Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan’, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), pp. 1–16. doi: 10.21831/jep.v3i1.627.
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 44 times
pdf downloaded = 40 times