ANALISIS PENGARUH BACK WATER (AIR BALIK) TERHADAP BANJIR SUNGAI RANGKUI KOTA PANGKALPINANG

  • Tia Anandhita Alumni Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung

Abstract

Beberapa permasalahan pokokyang menyebabkan terjadinya banjir di Sub DAS Rangkui sebagian besar disebabkan oleh penyempitan penampang sungai akibat sedimentasi, curah hujan yang cukup tinggi, serta pengaruh back water (air balik) yang terjadi pada saat pasang laut tinggi. Back water tersebut menyebabkan terbendungnya aliran dari hulu, sehingga elevasi muka air pada penampang sungai meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh back water (air balik) terhadap banjir Sungai Rangkui Kota Pangkalpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelusuran aliran melalui pemodelan aliran tak seragam (unsteasy flow) menggunakan perangkat lunak HEC-RAS.Beberapa data yang digunakan sebagai input ditetapkan berdasarkan analisis dan perhitungan. Boundary condition sebelah hulu digunakan debit rencana kala ulang 2, 5, 10 dan 25 tahun, sedangkan boundary condition sebelah hilir adalah tinggi muka air pasang tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya debit rencana pada periode ulang 2 tahun (Q2)=46.08 m³/d, periode 5 tahun (Q5)=57.68 m³/d, periode 10 tahun (Q10)=64.88 m³/d dan periode 25 tahun (Q25)=72.79 m³/d. Tinggi muka air tertinggi dengan kenaikan muka air banjir (luapan) berkisar antara 0.15-1.4 m untuk kondisi tanpa pasang surut dan  0.60-1.90 m untuk kondisi dengan pengaruh pasang surut. Semakin tingginya pasang surut yang terjadi, maka backwater sangat berpengaruh terhadap kenaikan elevasi di muka air hulu maupun hilir yang menyebabkan kenaikan elevasi muka air pada periode waktu tertentu, hingga melebihi elevasi tanggul yang ada saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kamiana, I.M., 2011, Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Chow, V.T., 1959, Open Channel Hydraulics, Kogakusha Company, Tokyo.

Triatmodjo, B., 2008, Hidrologi Terapan, Beta Offset, Yogyakarta.

Wahyudi, S.I., 2007, Tingkat Pengaruh Elevasi Pasang Laut Terhadap Banjir dan Rob Di Kawasan Kaligawe Semarang, (Online), (http://bappeda.semarangkota.go.id/uploaded/publikasi/Tingkat_Pengaruh_Elevasi_Pasang_Laut_Terhadap_Banjir_dan_Rob_Di_Kawasan_Kaligawe_Semarang_-_WAHYUDI_-_WAHYUDI.pdf, diakses tanggal 14 Mei 2014).

Waskito, T.N., 2010, Evaluasi pengendalian Banjir Sungai Cibeet Kabupaten Bekasi, Tesis Magister, Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Air, Institut Teknologi Bandung, (Online), (http://www.ttsl.ac.id diakses tanggal 12 Mei 2014).

Widya Harris., Wijaya, V.K.N., 2008, Evaluasi Kapasitas Penampang Sungai Wulan dengan Menggunakan Program HEC-RAS 4.0 pada Kondisi Unsteady, Tugas Akhir Sarjana, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, (Online), (http://www.academia.edu, diakses tanggal 2 juni 2014).
Published
2015-12-10
How to Cite
Anandhita, T. (2015). ANALISIS PENGARUH BACK WATER (AIR BALIK) TERHADAP BANJIR SUNGAI RANGKUI KOTA PANGKALPINANG. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 3(2), 131-141. https://doi.org/10.33019/fropil.v3i2.1221
Abstract viewed = 556 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 359 times