Analisis Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pd T-01-2002-B, Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) dan Metode Nottingham Pada Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai Palu

  • Novita Pradani Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tadulako Palu
  • Muhammad Sadli Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tadulako Palu
  • Dewy Fithriayuni Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Abstract

Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu jalan di Kota Palu yang termasuk dalam kategori status jalan Provinsi, yang terletak di Kecamatan Palu Selatan, dengan panjang jalan 2.430 m dan lebar jalur lalu lintas 11 m. Sebagai salah satu ruas jalan yang menghubungkan tempat-tempat vital misalnya pusat perbelanjaan, pendidikan dan kegiatan lainnya, dengan intensitas rata-rata kendaraan yang lewat jalan tersebut adalah kendaraan berat. Oleh sebab itu kondisi jalan tersebut akan cepat mengalami kerusakan akibat beban kendaraan.

Dalam penelitian ini Metode Pd T-01-2002-B, Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) dan Metode Nottingham digunakan dalam perencanaan tebal perkerasan baru. Data-data yang digunakan dalam perencanaan perkerasan meliputi data primer dan data sekunder.

Hasil perencanaan tebal perkerasan dengan umur rencana 20 tahun Metode Bina Marga Pd T-01-2002-B memperoleh nilai LHR sebesar 21.033.360,724 CESA dengan tebal perkerasan untuk tiap lapisan surface 11 cm, lapisan pondasi atas 20 cm, lapisan pondasi bawah 10 cm.

Pada metode Manual Desain Perkerasan diperoleh nilai LHR sebesar 231.301.030,144 CESA dengan tebal perkerasan lapisan surface untuk AC-WC dengan tebal 5 cm dan AC-BC dengan tebal 28 cm, lapisan pondasi atas 15 cm, lapisan ponadsi bawah 15 cm.

Metode Nottingham diperoleh nilai LHR sebesar 39.500.000 dengan tebal perkerasan lapisan suface 29,5 cm dan untuk lapis pondasi 20 cm.

Dari ketiga metode yang digunakan dalam perencanaan tebal perkerasan lentur, metode yang menghasilkan tebal perkerasan yang lebih tipis adalah metode Pd T-01-2002-B.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bolla, Evelyn., Margareth, Perbandingan Metode Bina Marga Dan metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan ( Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurung, KotaMalang). (http://puslit2.petra.ac.id/ej ournal/index.php/jurnal-teknik-sipil).
Diakses 23 November 2014.

Bruton,J.M. and Brown,S.F. Analytical pavement design for British conditions. Proc.5th University of Nottingham.

Dinas Bina Marga Daerah Provinsi Sulawesi Tengah . Data Dynamic Cone Penetrometer pada ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai. Penerbit Bina Marga. Palu.
Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga Interim, (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan.

Sadli, Muhammad, (2015), Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga Pd T 01-2002-B, Metode Manual Desain Perkerasan dan Metode Nottingham (Studi Kasus Jalan I Gusti Ngurah Rai), Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Tadulako.

Sarika, Hardiyanti, (2014), Evaluasi Tebal lapis Tambah Overlay Pada Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Tadulako.

Sukirman, Silvia. (1999) Perkerasan Lentur
Jalan Raya. Nova, Bandung.
Published
2019-09-26
How to Cite
Pradani, N., Sadli, M., & Fithriayuni, D. (2019). Analisis Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pd T-01-2002-B, Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) dan Metode Nottingham Pada Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai Palu. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 4(2), 140-155. https://doi.org/10.33019/fropil.v4i2.1246
Abstract viewed = 1028 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 1158 times